NEWS

Mengenal 17 Subsektor Ekonomi Kreatif di Indonesia

Ekonomi kreatif punya potensi yang besar di Indonesia.

Mengenal 17 Subsektor Ekonomi Kreatif di Indonesiailustrasi industri kreatif (unsplash.com/ Matthieu Comoy)
07 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ekonomi kreatif, menurut Diktum Instruksi Presiden No.6 Tahun 2009, memiliki pengertian sebagai kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, ketrampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kemenparekraf terus menggencarkan peningkatan potensi ekonomi masyarakat yang bersumber dari produk-produk ekonomi kreatif. Dalam catatan Kemenparekraf, produk kreatif bukan hanya fesyen dan kuliner saja, melainkan masih banyak lainnya hingga 17 subsektor. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulasnya satu-persatu dari laman resmi Kemenparekraf.

1. Pengembang permainan (game)

bermain game
ilustrasi game (unsplash.com/Florian Olivo)

Subsektor ini di Indonesia masih cukup baru dan lebih dikenal oleh generasi muda, kelompok milenial, gen-Z, dan generasi di bawahnya.

Kemenparekraf mencatat, kontribusi game untuk ekraf Indonesia pada 2017 adalah 1,93 persen PDB, dengan 44.733 jumlah tenaga kerja. Pada saat yang sama ada 51 pengembang game lokal baru yang dari tahun ke tahun bertambah jumlahnya.

 Indonesia merupakan salah satu negara dengan pangsa pasar game yang peningkatannya cenderung signifikan. Banyak peluang yang bisa didalami, baik sebagai pembuat maupun pemain profesional.

“Kemenparekraf akan mengelola subsektor pengembang permainan lebih serius melalui beberapa hal, yaitu menginisiasi munculnya lebih banyak inkubator pengembang permainan, memasukkan unsur-unsur permainan ke dalam dunia pendidikan, memproteksi para pengembang lokal, dan membantu mereka dalam mempromosikan karya-karyanya,” tulis Kemenparekraf di laman resminya.

2. Kriya

Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021).
Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Related Topics