NEWS

Mengenal Istilah Depresi Ekonomi, Penyebab, dan Dampaknya

Depresi ekonomi bisa sebabkan sebuah negara bangkrut.

Mengenal Istilah Depresi Ekonomi, Penyebab, dan DampaknyaIlustrasi depresi ekonomi. (Pixabay/mohammed_hassan)
16 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lebanon sedang berada dalam situasi depresi paling parah dan berkepanjangan di seluruh dunia, sampai harus membatasi penarikan uang warganya dari bank tempat mereka percaya menyimpan uangnya. Berkaca pada situasi tersebut, apa sebenarnya yang dimaksud depresi ekonomi?

Landx.id menuliskan bahwa definisi depresi ekonomi adalah kondisi di mana perekonomian suatu negara mengalami penurunan secara terus menerus dalam waktu empat kuartal atau lebih. Depresi juga disebut sebagai resesi ekstrem dalam jangka waktu lama dan tidak dapat diatasi.

Depresi ekonomi dapat membuat suatu negara mengalami kebangkrutan ekonomi dalam periode waktu yang cukup lama, bahkan hingga tiga tahun atau lebih. Adapun tanda terjadinya depresi ekonomi pada sebuah negara apabila Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut mengalami penurunan lebih dari 10 persen. Selain itu, kondisi penurunan ekonomi atau resesi ini terjadi hingga lebih dari kuartal.

Hubungan antara krisis, resesi, dan depresi ekonomi

Ilustrasi resesi ekonomi global.
Ilustrasi resesi ekonomi global. (Pixabay/Elchinator)

Melansir emiten.com, krisis, resesi da depresi ekonomi saling terkait dan mempunyai hubungan tingkatan antara satu dan lainnya. Berawal dari krisis ekonomi yang diartikan penurunan kondisi perekonomian secara drastis dalam suatu negara.

Apabila krisis ekonomi berlanjut selama dua kuartal berturutan, maka kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai resesi ekonomi. Sedangkan, bila terus berlanjut tanpa jeda sampai empat kuartal (satu tahun) atau lebih, maka kondisi itu dapat diartikan sebagai depresi ekonomi.

Penyebab depresi ekonomi

Depresi ekonomi.
Depresi ekonomi. (Pixabay/Geralt)

Related Topics