NEWS

Menko PMK Sebut RI Mulai Transisi Menuju Endemi, Ini Indikatornya

Dilihat dari kasus aktif, positivity rate dan okupansi RS.

Menko PMK Sebut RI Mulai Transisi Menuju Endemi, Ini IndikatornyaMenko PMK, Muhadjir Effendy. (dok. Kemenko PMK)
12 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai bertransisi dari pandemi Covid-19 menuju fase endemi. Menurutnya, dimulainya transisi ini terlihat dari beberapa indikator.

“Dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Kamis (12/5).

Berdasarkan survei internal Kemenko PMK di 18 Rumah Sakit DKI Jakarta pada Februari 2022, kata Muhadjir, angka kematian akibat Covid-19 memang sudah turun ke peringkat 14. “Yang paling tinggi (menyebabkan) kematian itu kanker, kemudian pneumonia, peneumonia non spesifik, dan sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di urutan 14, jadi sudah bukan lagi ancaman," katanya.

Masyarakat diminta hati-hati dan tetap waspada

Sejumlah aturan telah dilonggarkan, tapi pemakaian masker tetap direkomendasikan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Berdasarkan data kasus Covid-19 yang ada, secara de facto, memang Indonesia sudah menuju fase endemi. Berbagai indikator kasus Covid-19 menunjukkan perkembangan yang semakin baik dengan angka penambahan kasus yang relatif melandai dari puncak varian Delta maupun Omicron.

Namun, Muhadjir meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada, serta secara disiplin tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia mengingatkan bahwa kasus terjangkit hingga pasien yang meninggal akibat Covid-19 masih ada. Apalagi, libur Lebaran 2022 baru saja usai dan butuh pemantauan sekitar 2 minggu untuk mengetahui lonjakan kasus yang dapat terjadi.

Pertaruhan di masa libur Lebaran 2022

Calon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4).
Calon penumpang antre memasuki kapal perintis Sabuk Nusantara 91 di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (20/4). (ANTARAFOTO/Candra Setya)

Related Topics