NEWS

Menparekraf Dukung Industri Fesyen Muslim Indonesia

Subsektor fesyen di Indonesia berpotensi tumbuh pesat.

Menparekraf Dukung Industri Fesyen Muslim IndonesiaTren fesyen hijab di Indonesia. (dok.Kemenparekraf)
27 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung kemajuan industri fesyen muslim lokal di Indonesia. Salah satu program yang dihadirkan adalah Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund) untuk mengakselerasi kapital sekaligus mengembangkan kapasitas bagi pendiri jenama modest fashion atau pakaian tertutup sederhana yang siap mendunia.

Kemenparekraf mencatat bahwa fesyen adalah salah satu dari tiga sektor penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, bersama kuliner dan kriya. Produk-produk yang dihasilkan oleh sebagian besar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini menyumbang Rp1.100 Triliun terhadap PDB Indonesia sepanjang 2020.

Fesyen adalah bagian dari 17 subsektor ekonomi kreatif Indonesia yang memiliki potensi pertumbuhan pesat di masa depan. Salah satu yang berdaya saing tinggi adalah fesyen muslim karena memiliki pasar besar konsumen muslim, baik dari dalam maupun luar negeri.


 

Program HijUp Growth Fund

Acara “Press Conference HijUp Growth Fund”, secara daring, pada Rabu (25/8).
Acara “Press Conference HijUp Growth Fund”, secara daring, pada Rabu (25/8). (dok. Kemenparekraf)

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam sambutannya di acara “Press Conference HijUp Growth Fund”, secara daring, pada Rabu (25/8). Acara ini diadakan oleh brand fesyen HijUp, pionir e-commerce fesyen muslim pertama di dunia yang didirikan Diajeng Lestari pada 2011.

HijUp Growth Fund adalah program pendanaan untuk pelaku industri fesyen muslim di Indonesia. Hasil inisiasi HijUp untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-10 ini memberikan pembiayaan dengan bantuan dana maksimal sebesar Rp100 miliar serta pendampingan bagi brand-brand lokal untuk memaksimalkan potensinya.

HijUp Growth Fund menuju kolaborasi dalam Modest Fashion Founders Fund

Fashion Show bertema hijab.
Fashion Show bertema hijab. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics