NEWS

Menparekraf: Uji Coba Tarif Baru TNK Dimulai Sebelum 1 Januari 2023

Komunikasi dengan berbagai pihak di TNK harus dikedepankan.

Menparekraf: Uji Coba Tarif Baru TNK Dimulai Sebelum 1 Januari 2023Shutterstock/Nico Wijaya
16 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menagtakan uji coba  tiket masuk Taman Nasional Komodo (TNK) akan dimulai sebelum 1 Januari 2023. Hal ini dilakukan untuk sosialisasi dan memberi kesempatan bagi stakeholder mencoba sistem baru ini.

"Ini nanti akan kita siapkan, tinggal diumumkan periode uji cobanya sebelum 1 Januari 2023,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8).

Menurutnya, saat ini pelaku usaha sudah satu suara mendukung pemberlakuan biaya kontribusi konservasi TNK, demi meningkatkan kualitas dan keberlanjutan di sektor pariwisata, khususnya yang berorientasi pada kekayaan alam dan kelestarian makhluk hidup. 

Pentingnya upaya komunikasi antarpihak

Menparekraf, Sandiaga S. Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8).
Menparekraf, Sandiaga S. Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8). (Tangkapan layar).

Sandiaga mendorong komunikasi dan sosialisasi tarif baru. “Kami akan buka peluang untuk dialog dengan para pelaku pariwisata, kita akan mencatat, menampung, dan semua keluhan dan masukan, agar nanti transisi menuju tarif baru bisa berlangsung mulus,” katanya.

Kemenparekraf akan terus mengupayakan solusi terbaik dan perbaikan sistem, supaya konservasi dan pemulihan ekonomi di TNK bisa dilakukan secara beriringan. Semula, tarif baru ini berlaku 1 Agustus lalu sebesar Rp3,75 juta per orang per tahun. Namun, karena ramai penolakkan, kebijakan itupun ditangguhkan sementara dan akan kembali diberlakukan pada awal 2023.

Situasi di Labuan Bajo dan TNK sudah kondusif

Zona C Kawasan Waterfornt City Labuan Bajo.
Zona C Kawasan Waterfornt City Labuan Bajo. (Dok. Kemenparekraf)

Related Topics