NEWS

Tanggapan Mensos soal Kuburan Beras Bansos, Risma: Bukan di Zaman Saya

Mensos Risma memberikan Bansos dalam bentuk uang.

Tanggapan Mensos soal Kuburan Beras Bansos, Risma: Bukan di Zaman SayaMenteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Shutterstock)
01 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, mengatakan bahwa bantuan sosial (bansos) buka suara perihal timbunan beras bantuan sosial yang terkubur di sebuah lahan di Depok, Jawa Barat. Ia berdalih, hal itu terjadi bukan pada saat ia menjabat.

Risma mengatakan, pada masa kepemimpinannya di Kemensos, Pemerintah menyalurkan bansos dalam bentuk uang.

“Jadi, yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan ‘Bu risma, jangan bantuan berupa uang’,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Senin (1/8).

Meski begitu, Risma tidak menampik bila dalam aturan yang berlaku, bantuan sosial memang diperbolehkan dalam bentuk uang maupun barang.

Penemuan bansos terkubur

Rudi Samin.
Rudi Samin. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, seorang warga Depok, Rudi Samin, menemukan sejumlah paket sembako Bantuan Presiden (Banpres) untuk warga terdampak Covid-19. Berdasarkan informasi yang diterimanya, dia menggali tanah dan menemukan sejumlah paket tersebut pada Minggu (31/7).

“Kami menemukan pada kedalaman tiga meter dan ditemukan berupa karung beras 20 kilogram, terigu, hingga telur, yang sudah membusuk dipendam pihak ekspedisi,” ujarnya kepada IDN Times, (31/7).

Penggalian, kata Rudi, berawal dari informasi rekannya yang pernah bekerja di perusahaan ekspedisi yang mengaku pernah mendapat perintah untuk membawa paket sembako itu dengan ukuran mobil besar atau kontainer. Kemudian, sembako tersebut dipendam di tanah miliknya.

"Karena penasaran, saya gali menggunakan alat berat dan akhirnya ketemu,” ujarnya.

Dikoordinir oleh Kemensos

Lokasi pemendaman bansos sembako di tanah kosong milik warga, Sukmajaya, Kota Depok.
Lokasi pemendaman bansos sembako di tanah kosong milik warga, Sukmajaya, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Related Topics