NEWS

Menteri ATR/Kepala BPN Sebut Oknum BPN Sebagai Mafia Paling Canggih

Menteri ATR akui "gebuk" 14 oknum mafia tanah BPN.

Menteri ATR/Kepala BPN Sebut Oknum BPN Sebagai Mafia Paling CanggihMenteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto. (tangkapan layar)
20 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, menyebutkan bahwa oknum BPN sendiri merupakan mafia tanah yang paling canggih.

Alasannya, oknum tersebut bisa mensertifikasi wilayah perairan, berupa danau untuk mengamankan aset tanah di wilayah danau tersebut. “Ke depan, danau itu terjadi sedimentasi, jadi tanah. Begitu sudah jadi tanah, dia jual,” katanya dalam keterangan yang dikutip, Selasa (20/12).

Menurutnya, oknum mafia tanah sering muncul di tanah yang bermasalah atau tanah dengan nilai jual cukup tinggi. Beberapa oknum mafia yang tertangkap, biasanya berasal dari lima unsur, yakni BPN, pengacara, PPAT, Camat, dan oknum kepala desa.

Gebuk 14 oknum

Kementerian ATR/BPN.
Kementerian ATR/BPN. (Shutterstock/Haryanta)

Selama ia menjabat Menteri ATR/BPN, Hadi menyatakan sudah mendapati 14 oknum kepala kantor wilayah BPN yang melakukan praktik mafia pertanahan. “Saya ‘gebuk’, saya ‘sikat’,” ujarnya.

Meski[un ia sempat digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) karena memecat oknum kepala kantor wilayah BPN, namun Hadi bertekad untuk tak menyerah begitu saja. “Tetap, saya tidak takut. Saya akan terus maju,” ujarnya.

Ia pun percaya diri karena didukung oleh tiga institusi terkait selain BPN, yakni pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan badan peradilan. “Pak Kapolri mengatakan ‘akan saya dukung 1.000 persen’,” kata Hadi.

Penggunaan drone

Aria Drone/Dok. Aria

Related Topics