NEWS

Hadapi Resesi, Sandiaga Uno Andalkan Penguatan Wisatawan Domestik

Kemenparekraf targetkan 1,2-1,4 miliar pergerakan wisnus.

Hadapi Resesi, Sandiaga Uno Andalkan Penguatan Wisatawan DomestikMenparekraf, Sandiaga S. Uno. (Tangkapan layar)
10 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan tetap bertumbuh, meski diadang ancaman resesi global. Sektor domestik dilirik sebagai salah satu tulang punggung.

“Mengingat perekonomian Indonesia masih akan bertumbuh sekitar lima persen, maka wisatawan nusantara pergerakannya harus kita fokuskan untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara mencapai target 1,2-1,4 miliar,” ujar Menteri Sandiaga dalam konferensi pers secara daring, Senin (9/1).

Kemenparekraf akan mengoptimalkan setiap pergerakan masyarakat antar Kabupaten dan Kota melalui berbagai kegiatan, mulai dari event, wisata kuliner, belanja, sampai dengan wisata desa yang akan semakin diperkuat dan ditingkatkan kualitasnya.

Wisatawan mancanegara

Ilustrasi wisatawan asing di Seminyak, Bali.
Ilustrasi wisatawan asing di Seminyak, Bali. (Pixabay/mrsvickyaltaie)

Adapun, untuk wisatawan mancanegara, Sandiaga mengatakan pemerintah menyasar wisatawan  dari negara-negara yang dinilai berpotensi kuat di tengah resesi.

“Wisatawan mancanegara kami arahkan untuk pasar-pasar besar kita, seperti India yang peningkatannya luar biasa, Australia dan Selandia Baru yang tidak termasuk zona resesi, Malaysia dan Singapuran yang masih terus bertumbuh,” katanya.

Beberapa negara yang selama ini dikenal dengan kekuatan ekonomi dunia, seperti Amerika Serikat, Cina, dan negara-negara di Eropa, diperkirakan akan mengalami pelambatan ekonomi. Hal ini membuat masyarakatnya lebih memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok dan menahan pengeluaran tambahan seperti wisata ke luar negeri.

Penerimaan devisa

Wisatawan berjalan di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (26/12/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nym.
Wisatawan berjalan di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu (26/12/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nym.

Related Topics