NEWS

Luhut Sebut Pandemi Terkendali, Transisi Menuju Endemi

Pemulihan ekonomi nasional juga terus meningkat.

Luhut Sebut Pandemi Terkendali, Transisi Menuju EndemiMenko Marves, Luhut Pandjaitan saat menyampaikan hasil ratas PPKM, Senin (4/4). (Tangkapan layar YouTube Setkab)
04 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan, mengatakan pandemi dalam situasi terkendali. Laju kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia pun membaik, sehingga aktivitas pemulihan ekonomi nasional pun meningkat.

Luhut mengatakan, secara nasional, kasus harian Covid-19 menurun tajam hingga 97 persen dari puncak kasus Omicron, hanya dalam waktu tiga bulan. “Selain itu kasus aktif secara nasional juga turun hingga 83 persen dari puncak kasus yang lalu, saat ini sudah berada di bawah 100 ribu,” ujarnya saat menyampaikan hasil rapat terbatas PPKM, Senin (4/4).

Kasus rawat inap rumah sakit juga turun hingga 85 persen dengan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit hanya 6 persen dan positivity rate di bawah standar WHO, 4 persen. Jumlah kasus meninggal pun turun tajam, hingga 88 persen, dibandingkan pada saat puncak kasus Omicron.

Pemulihan ekonomi makin meningkat

Telur ayam ras.
Telur ayam ras. (Pixabay/EmAji)

Penurunan berbagai indikator pengendalian kasus Covid-19 terjadi seiring dengan meningkatnya pemulihan ekonomi nasional (PEN).  Indeks belanja, mobilitas masyarakat, bahkan aktivitas industri terus mencatatkan peningkatan cukup signifikan.

“Hal ini memperlihatkan bahwa kondisi dan situasi pandemi di Indonesia terkendali dengan sangat baik yang pada akhirnya membentuk rasa aman dan nyaman masyarakat untuk beraktivitas,” ujar Luhut.

Meski demikian, masih banyak yang harus diperbaiki untuk mencapai tingkat perekonomian mendekati posisi sebelum masa pandemi, salah satunya kapasitas penerbangan internasional.

“Berdasarkan data Global Normalcy Index yang dikeluarkan majalah the Economist, nilai Indonesia saat ini berada di angka 68 dari 100 sebagai kondisi normal,” katanya.

Upaya perbaikan penerbangan internasional

Calon penumpang pesawat berjalan di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/9/2021).
ANTARA FOTO/Fauzan/aww

Related Topics