NEWS

Pertamina: Pembatasan BBM Subsidi Kendaraan Tunggu Revisi Perpres

Skema pembelian BBM subsidi masih seperti biasa.

Pertamina: Pembatasan BBM Subsidi Kendaraan Tunggu Revisi PerpresMobil mengisi BBM non-subsidi di SPBU. (dok. Pertamina)
05 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –  Pertamina masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM, sebelum resmi  menerapkan pembatasan jenis kendaraan tertentu yang boleh atau dilarang mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting,  mengatakan revisi Perpres dibutuhkan sebagai dasar pembatasan kuota dan peruntukan konsumsi BBM bersubsidi. Revisi masih dalam proses, meski harga BBM bersubsidi sudah naik.

“Sehingga untuk  pembelian BBM subsidi saat ini masih seperti biasa,” katanya saat dihubungi Fortune Indonesia, Senin (5/9).

Perseroan juga mempersiapkan aplikasi MyPertamina, untuk mengawasi agar penggunaan BBM subsidi tepat sasaran. Aplikasi Subsidi Tepat MyPertamina, kata Irto, masih dalam proses pendataan, sosialisasi, serta uji coba sistem.

SPBU swasta harus ikuti batas atas harga dari Kementerian ESDM

Salah satu SPBU Vivo.
Salah satu SPBU Vivo. (dok. ESDM)

Perihal kabar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Vivo yang menjual harga Revvo 89 (hampir setara Pertalite/RON 90) dengan lebih murah–Rp8.900 per liter–dia mengatakan, harga SPBU milik swasta harus mengikuti formula batas atas yang ditetapkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

BBM yang dijual perusahaan asal Swiss ini adalah bahan bakar umum. “Sehingga masing-masing badan usaha yang menentukan harga ecerannya, sesuai dengan formula batas atas yang ditentukan Kementerian ESDM,” katanya.

Sementara, pertalite adalah jenis BBM khusus penugasan yang harganya sudah ditentukan oleh pemerintah dan berlaku sama di seluruh Indonesia.

Pertamax masih paling murah

Seorang petugas SPBU sedang mengisi BBM pelanggan.
Seorang petugas SPBU sedang mengisi BBM pelanggan. (Dok. Pertamina)

Related Topics