NEWS

Cegah Covid-19, Pemerintah Terapkan Travel Bubble pada Presidensi G20

Hal ini juga dapat diterapkan di ajang internasional lain.

Cegah Covid-19,  Pemerintah Terapkan Travel Bubble pada Presidensi G20Menkominfo, Johnny G. Plate. (dok. Kemkominfo)
25 January 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah akan menerapkan skema travel bubble pada penyelenggaraan event internasional presidensi G20 di Indonesia. Skema ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan varian Covid-19. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa travel bubble dapat diterapkan pada penyelenggaraan event-event internasional di Indonesia. Pemerintah juga terus melakukan proses mitigasi dengan peningkatan vaksinasi hingga penerapan travel bubble bagi para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

“Memperhatikan perkembangan Covid-19 saat ini di sisi yang satu, tapi di sisi yang lain kita ingin kesuksesan penyelenggaraan G20 yang akan ada 158 meeting nanti di 19 kota dan melibatkan 20.988 delegasi,” katanya.

Menkominfo berpendapat bahwa kesuksesan penyelenggaraan ajang internasional, seperti MotoGP Mandalika di bulan Maret, dapat menjadi pilot project yang menentukan keberhasilan ajang internasional selanjutnya.

“Kalau itu sudah dilakukan dengan baik, maka tentu selanjutnya event-event G20 kita harapkan menjadi lebih baik lagi dengan pengalaman sebelumnya,” kata Johnny. 

Penerapan travel bubble di Batam-Bintan-Singapura

Mejelang persiapan berbagai event internasional Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, pemerintah mulai menerapkan travel bubble untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di wilayah Batam-Bintan-Singapura. Hal ini dilakukan di kawasan tertentu dan terbatas, untuk mendorong pemulihan ekonomi, terutama di sektor pariwisata.

Airlangga menyampaikan bahwa Pintu masuk untuk PPLN Travel Bubble adalah Terminal Ferry Internasional Nongsapura, Batam dan Terminal Ferry Bandar Bintan Telani, Bintan. Mereka yang datang harus memenuhi syarat, sudah dua kali vaksin; negatif PCR 3x24 sebelum keberangkatan; punya visa, kecuali bagi WNA Singapura; punya bukti konfirmasi booking wisata dan asuransi kesehatan 30.000 Dolar Singapura; serta menggunakan Pedulilindungi atau BluePass.

“Tentunya ini harus dipersiapkan dengan baik, dan Pengelola Kawasan wajib membentuk Satgas Covid-19 Kawasan,” kata Airlangga di laman resmi Kemenko Ekon (25/1). “Pengelola Hotel dan tempat-tempat wisata juga sudah memenuhi CHSE, nanti pelaksanaan dan pengawasannya akan dikoordinasikan oleh Satgas Covid-19 di Kawasan dan di masing-masing lokasi wisata.”

Tim juru bicara Forum G20

Pemerintah akan membentuk tim juru bicara untuk berbagai forum dalam presidensi Indonesia di G20. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk membentuk strategi komunikasi G20 yang masif untuk dalam dan luar negeri.

Johnny menyebutkan, usulan juru bicara untuk Serpha Track–membahas isu non-keuangan, seperti energi, pembangunan, hingga pariwisata dan perubahan iklim–diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sedangkan Finance Track–dengan prioritas enam isu ekonomi, mulai exit policy, dampak Covid-19 terhadap sektor riil, hingga keuangan berkelanjutan–dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Komunikasi yang umum terkait penyelenggaraan akan dilakukan oleh saya sebagai Menteri Kominfo, dan secara khusus komunikasi isu-isu terkait dengan kebijakan presiden dari Istana Presiden akan dilakukan oleh Kepala Staf Presiden, Pak Moeldoko,” ucap Johnny.

Related Topics