NEWS

Pengembangan Desa Wisata Iringi Pertumbuhan Sektor Pariwisata

Desa wisata jadi peluang tingkatkan kesejahteraan warga.

Pengembangan Desa Wisata Iringi Pertumbuhan Sektor PariwisataDesa Wisata Sembungan, Wonosobo. (dok. Kemenparekraf)
31 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah berkomitmen terus mengembangkan desa wisata hingga bisa mendunia. Apalagi, sektor pariwisata Indonesia kian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, usai terhantam pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa momentum peningkatan ini harus ditangkap dengan baik oleh desa-desa di Indonesia untuk memacu kebangkitan ekonomi di tengah berbagai tantangan global yang terjadi. “Setiap desa atau daerah perlu untuk mencermati sektor-sektor strategis dan potensial yang dapat dikembangkan atau diangkat untuk bisa memberikan nilai manfaat,” katanya, di laman Kemenko Ekon, Senin (31/10).

Airlangga berharap, bila desa wisata bisa lebih produktif, maka kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat. Oleh karena itu, menurutnya, desa-desa di Indonesia perlu terus berinovasi dan optimistis untuk bisa mengembangkan pariwisata secara optimal.

Kesiapan desa wisata

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (dok. Kemenko Perekonomian)

Menko Airlangga menambahkan, sebanyak 50 desa wisata yang mendapat penghargaan sebagai desa terbaik dari 3.419 desa wisata yang ikut serta dalam Malam Anugerah Desa Wisata 2022, perlu bersiap agar tetap mampu berkontribusi terhadap peningkatan pariwisata Indonesia.

Desa wisata tak hanya bisa jadi daya tarik wisata dunia, namun lebih dari itu, dapat meningkatkan penerimaan devisa dan penyerapan tenaga kerja nasional. Hal ini perlu disadari, mengingat sektor pariwisata yang jadi salah satu faktor ketahanan ekonomi nasional di tengah inflasi yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Pencapaian positif sektor pariwisata

Salah satu atraksi budaya daerah di kawasan desa wisata.
Salah satu atraksi budaya daerah di kawasan desa wisata. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics