NEWS

Pengertian Kegiatan Ekonomi, Sejarah, Jenis, dan Tujuannya

Kegiatan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pengertian Kegiatan Ekonomi, Sejarah, Jenis, dan TujuannyaPenjual melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/12/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
17 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kegiatan ekonomi lazim kita lakukan sehari-hari, mulai dari hal sederhana seperti bertransaksi atau membeli sesuatu di warung, belanja untuk kebutuhan masak, atau mmbuat sesuatu agar bisa dijual dan dihargai. Fortune Indonesia akan membahas lebih lanjut tentang apa kegiatan ekonomi, tujuan dan fungsinya. 

Ekonomi merupakan dua kata yang berasal dari bahasa Yunani, yakni Oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti hukum, peraturan, atau aturan. Dari asal katanya, ekonomi bisa dikatakan sebagai aturan, prinsip, atau manajemen rumah tangga. Berawal dari rumah tangga, kini pelaku ekonomi mencakup masyarakat, perusahaan, hingga negara.

Dengan demikian, menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan menerapkan berbagai prinsip ekonomi. Hal ini tertuang dalam berbagai aktivitas, mulai dari pembuatan, perdagangan, hingga kegiatan menghabiskan nilai sebuah barang.

Kebutuhan yang dimaksud pada dasarnya adalah sandang, pangan, dan papan. Namun, seiring waktu berjalan, kini kebutuhan manusia pun makin spesifik, seperti kesehatan, informasi, pendidikan, hingga rasa aman. Semua kebutuhan ini dicapai untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera dan makmur.

Sejarah kegiatan ekonomi

peluang usaha di desa yang menguntungkan
ilustrasi petani di desa (unsplash.com/Shayan Ghiasvand)

Manusia sudah melakukan kegiatan ekonomi sejak awal peradaba di bumi. Hal ini dilakukan mereka untuk bertahan hidup. Berikut ini adalah beberapa masa yang dilalui manusia modern dalam berbagai kegiatan ekonomi.

Masa nomaden
Pada masa ini, manusia masih hidup berpindah dan tinggal mengikuti sumber daya yang tersedia di alam. Mereka tinggal di gua untuk menghangatkan badan, tinggal di sepanjang sungai untuk mendapatkan sumber air, dan mengumpulkan makanan serta kebutuhan hidup lainnya dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan. Hal ini adalah bagian dari kegiatan ekonomi yang mereka lakukan.

Masa bercocok tanam dan beternak
Seiring perkembangan zaman, manusia pun makin berpikir untuk membudidayakan berbagai kebutuhan mereka. Akhirnya, mereka pun mulai bercocok tanam untuk mendapatkan kebutuhan pangan dari tanaman secara berkala. Hal ini juga dilakukan pada hewan buruan yang mulai mereka kembangkan secara beternak. Pada skala produksi inilah, manusia mulai melakukan improvisasinya dalam kegiatan ekonomi.

Revolusi industri
Pada masa ini, manusia semakin modern dan berpikir dengan lebih strategis dalam memenuhi kebutuhannya. Penggunaan mesin uap telah mengubah pola masyarakat agraris menuju industri yang sudah mengombinasikan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada masa ini, kegiatan ekonomi manusia pun berangsur modern dan penggunaan teknologi pun terus berkembang hingga saat ini.

Digitalisasi
Masa ini adalah momentum di mana manusia mulai menggunakan teknologi secara intens dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Penggunaan aplikasi digital perdagangan pun marak terjadi dan teknologi internet perlahan menjadi komoditas di pasar kehidupan. Hal inilah yang terjadi saat ini dan akan terus berkembang hingga masa-masa selanjutnya.

Jenis kegiatan ekonomi

Pedagang yang berjualan kepada pembeli secara langsung adalah metode B2C
ilustrasi B2C (unsplash.com/Anton Luzhkovsky)

Related Topics