NEWS

Membedah Perbedaan Rumah Komersil dan Rumah Subsidi

Sektor properti diperkirakan masih bergelora di tahun 2023.

Membedah Perbedaan Rumah Komersil dan Rumah Subsidiilustrasi rumah (unsplash.com/Harmen Jelle van Mourik)
29 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sektor properti diyakini akan tetap tumbuh positif, di tengah berbagai tantangan dan ancaman resesi tahun depan. Di antara berbagai jenis properti atau hunian,  dikenal istilah rumah subsidi dan rumah komersil. Apa perbedaannya? 

Pada dasarnya, rumah subsidi adalah rumah yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau dari rumah komersil atau non-subsidi karena telah disubsidi oleh pemerintah. Sedangkan rumah komersil, merupakan rumah atau bangunan yang memang dibangun dan disediakan untuk masyarakat umum untuk tujuan komersil 

Berikut beberapa perbedaan antara rumah subsidi dan komersil sebagaimana dilansir dari situs  rumah123.com.

Pengertian

Tips membeli rumah
ilustrasi rumah (unsplash.com/Jacques Bopp)

Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari rumah komersil atau rumah subsidi. Semuanya tergantung pada tujuuan atau kemampuan individu yang membeli. 

Dari pengertiannya, Kementerian PUPR mendefinisikan rumah subsidi sebagai rumah yang dibangun dengan harga terjangkau yang diperoleh melalui skema KPR, baik secara konvensional maupun dengan skema syariah.

Sedangkan rumah komersil adalah rumah komersil adalah jenis hunian yang dibangun oleh pengembang  dengan fasad yang seragam, dan biasanya termasuk ke dalam model rumah klaster.

Harga rumah

Salah satu alokasi PEN adalah untuk perpanjangan insentif PPN DTP Perumahan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Related Topics