NEWS

Ada Konflik Rusia-Ukraina, Pertemuan FMCBG G20 Berakhir Tanpa Komunike

Indonesia berusaha jembatani gap antarnegara G20.

Ada Konflik Rusia-Ukraina, Pertemuan FMCBG G20 Berakhir Tanpa KomunikeDelegasi Indonesia pimpin FMCBG G20. (dok. Bank Indonesia)
18 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Konflik Rusia-Ukraina menyebabkan pertemuan antar Menteri Keuangan G20 berakhir tanpa komunike (pernyataan bersama) bahkan hingga akhir pertemuan The 4th Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG G20), di Washington D.C., Amerika Serikat.

Menteri Keuangan Indonesia–sebagai pemimpin G20–Sri Mulyani, mengatakan bahwa Indonesia telah berusaha untuk menjembatani perpecahan antara anggota G-20 atas konflik Rusia-Ukraina.

“Terlepas dari fakta bahwa kami menghadapi berbagai tantangan, perbedaan pandangan, terutama sejak awal terdapat gap yang sangat besar sehingga kami harus menciptakan jembatan yang efektif dengan presidensi kami,” katanya seperti dikutip dari pemberitaan Bloomberg, Selasa (18/10).

Dalam forum tersebut, Sri Mulyani mengatakan perang yang terjadi adalah masalah yang belum bisa terekonsiliasi. Tantangan dalam menjalani komunikasi tentang kebijakan makroekonomi dan keuangan negara-negara G20 sudah terlihat sejak awal pertemuan. Alhasil, pertemuan itu berada dalam situasi yang sangat menantang dan sulit karena ketegangan geopolitik.

Konflik Rusia-Ukraina yang memperumit

Konflik Rusia-Ukraina.
Konflik Rusia-Ukraina. (Shutterstock/Tomas Ragina)

Pertemuan FMCBG keempat menjelang KTT G20 di Bali, Indonesia, dinilai akan mengalami berbagai masalah, apalagi Rusia dianggap mempersulit upaya untuk mengoordinasikan kebijakan untuk mengatasi meningkatnya risiko pertumbuhan ekonomi global

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen; Bendahara Australia, Jim Chalmers; dan Menteri Keuangan Kanada, Chrystia Freeland, menyalahkan Rusia atas invasi Ukraina karena mengirimkan gelombang kejutan bagi ekonomi global, mengguncang pasar, dan menambah inflasi yang tinggi.

Sementara, Menteri Keuangan Rusia, Anton Siluanov; dan Menteri Keuangan Ukraina, Serhiy Marchenko berpartisipasi secara virtual dalam pertemuan tersebut. Lalu, Wakil Menteri Keuangan Rusia, Timur Maksimov menghadiri pembicaraan secara langsung ketika para pejabat Barat menyatakan kecaman mereka, seiring seruan Marchenko berkenaan “sanksi yang ditargetkan lebih berat” terhadap Moskow.

Ketegangan lainnya

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan keterangan saat konferensi pers hasil 3rd Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Nusa Dua. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Related Topics