NEWS

Pertamina Mulai Uji Coba Pembelian LPG 3 Kg dengan KTP

LPG 3 kg diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Pertamina Mulai Uji Coba Pembelian LPG 3 Kg dengan KTPIlustrasi tabung LPG 3 kg. Shutterstock/Ani Fathudin

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

16 January 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Pertamina (Persero) mulai melakukan uji coba pembelian LPG 3 kg dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Upaya tersebut untuk memastikan penyaluran tabung gas LPG subsidi tepat sasaran dan akurat. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan uji coba sedang dilakukan di lima Kecamatan, seperti Cipondoh Kota Tangerang, Ciputat Kota Tangerang Selatan, Ngaliyan Kota Semarang, Batu Ampar Kota Batam, dan Mataram di Kota Mataram.

“Yang dilakukan adalah pencocokan data antara data pembeli dengan data P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) dari Pemerintah,” kata Irto saat dihubungi Fortune Indonesia, Senin (16/1).

Adapun proses uji coba pendataan dilakukan menggunakan pencatatan manual berdasarkan log book di masing-masing pangkalan. Setelah pencocokan data. perusahaan akan mengevaluasi titik verifikasinya, sebelum pemerintah mengeluarkan aturan resmi yang diberlakukan secara umum.

Perluasan wilayah

Warga antri membeli tabung LPG 3 Kg di Pekanbaru, RiauWarga antri membeli tabung LPG 3 Kg di Pekanbaru, Riau. Shutterstock/Arief Budi Kusuma

Pertamina membuka peluang memperluas wilayah uji coba, sambil berkoordinasi dengan dengan pihak regulator. Hal ini untuk menentukan siapa saja konsumen yang berhak membeli. 

“Sub penyalur sudah kita tambah dan perluas 22 ribu pada 2022, sehingga total sub penyalur sudah ada lebih dari 233 ribu pangkalan,” kata Irto.

Mulai pembatasan

Ilustrasi tabung gas LPG 3 kgIlustrasi tabung gas LPG 3 kg. Shutterstock/ardiwebs

Related Topics