NEWS

Prancis Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Strategis dengan Indonesia

Untuk memperkuat kemitraan di kawasan Indo-Pasifik.

Prancis Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Strategis dengan IndonesiaPertemuan delegasi Prancis dengan Kemenko Perekonomian Indonesia. (Dok. Kemenko Ekon)
14 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Prancis akan meningkatkan komitmen kerja sama dengan Indonesia sebagai bentuk penguatan kemitraan dengan negara-negara di kawasan Indo-Pasifik. Delegasi Prancis mengatakan ingin bertukar pandangan dengan mengenai kawasan Indo Pasifik dengan mempertimbangkan posisi Indonesia sebagai ketua ASEAN pada 2023.

“Kunjungan kami ke Indonesia kali ini bertujuan untuk melakukan studi atau kajian terkait Strategi Prancis di Kawasan Indo-Pasifik,” ujar pimpinan Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Senat Prancis, Senator Rachid Temal, Selasa (13/9).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto, menyampaikan, Prancis memiliki perspektif yang sama dengan Indonesia mengenai kawasan Indo-Pasifik yang juga bisa dilihat dari sisi ekonomi, bukan sekadar politik dan keamanan. Eksistensi ASEAN memiliki peran sangat strategis dalam menjaga stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Apalagi, Indonesia baru saja berpatisipasi dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang dilaksanakan di Amerika Serikat. Pertemuan tersebut menetapkan target dalam bentuk solusi konkret bagi kawasan dalam beberapa waktu ke depan.

Dukungan IEU-CEPA

Delegasi Prancis saat bertemu dengan Menko Arilangga Hartarto.
Delegasi Prancis saat bertemu dengan Menko Arilangga Hartarto. (dok. Kemenko ekon)

Indonesia juga meminta dukungan Prancis untuk mempercepat perundingan kerja sama komprehensif di bidang ekonomi dengan Uni Eropa (IEU-CEPA). “Terdapat beberapa isu penting yang perlu dibahas secara mendalam tapi saya optimis bahwa hal tersebut dapat diselesaikan dalam waktu yang tidak lama,” ucapnya.

Pemerintah Indonesia maupun Prancis memahami pentingnya kerja sama IEU-CEPA, mengingat hubungan ekonomi Indonesia dan Uni Eropa bersifat komplementer. Untuk itu, Prancis menyetakan dukungannya pada perundingan tersebut, meski tak menampik bahwa masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan di internal Uni Eropa.

Kerja sama yang sudah terjalin

Pertemuan Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Senat Prancis, dengan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Pertemuan Delegasi Komisi Luar Negeri, Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Senat Prancis, dengan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (dok. Kemenko Ekon)

Related Topics