NEWS

Presiden Jokowi Larang Ekspor Bauksit Mulai Juni 2023

Industrialisasi domestik akan tingkatkan penerimaan negara.

Presiden Jokowi Larang Ekspor Bauksit Mulai Juni 2023Presiden Jokowi saat sampaikan keterangan pers, Rabu (21/12). (Tangkapan layar)
21 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah akan resmi melarang ekspor bijih bauksit pada Juni 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pelarangan itu bertujuan untuk mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri.

Menurutnya, dengan industrialisasi bauksit di dalam negeri ini diperkirakan pendapatan negara akan meningkat dari Rp21 triliun menjadi sekitar Rp62 triliun. "Pemerintah akan terus konsisten melakukan hilirisasi di dalam negeri agar nilai tambah dinikmati di dalam negeri, untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” ujar Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Rabu (21/12).

Presiden menegaskan, pelarangan ekspor bauksit ini adalah bagian dari upaya mewujudkan kedaulatan sumber daya alam dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. “Terutama dalam rangka pembukaan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya dan peningkatan penerimaan devisa serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata,” katanya.

Keuntungan nikel

Presiden Jokowi bersama Menko Perekonomian dan Menteri ESDM, beri keterangan pers tentang pelarangan ekspor bauksit.
Presiden Jokowi bersama Menko Perekonomian dan Menteri ESDM, beri keterangan pers tentang pelarangan ekspor bauksit. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pada 1 Januari 2020, pemerintah sudah memulai pelarangan ekspor bijih nikel. Hasilnya, nilai ekspor nikel yang semula hanya Rp17 triliun pada akhir tahun 2014, tetiba melonjak sampai Rp326 triliun pada 2021. “Meningkat 19 kali lipat. Perkiraan saya, tahun ini akan tembus lebih dari Rp468 triliun atau lebih dari US$30 miliar Ini baru satu komoditi saja,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi memastikan bahwa pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan industri pengolahan sumber daya alam di dalam negeri. Ekspor bahan mentah akan terus dikurangi, hilirisasi industri berbasis sumber daya alam di dalam negeri akan terus ditingkatkan.

Indonesia terbuka

Ilustrasi Bauksit.
Ilustrasi Bauksit. (Wikimedia Commons)

Related Topics