NEWS

Profil Dito Ariotedjo Menpora Baru yang Resmi Dilantik

Dito Ariotedjo mewakili Milenial dan Gen-Z di kabinet.

Profil Dito Ariotedjo Menpora Baru yang Resmi DilantikMenpora, Dito Ariotedjo. (Tangkapan Layar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainuddin Amali yang kini berfokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI, pada Senin (3/4).

Dito mengatakan, apa yang akan dia kerjakan sebagai Menpora adalah kelanjutan dari berbagai program dari Menpora Zainuddin Amali. “Semua program seperti desain besar olahraga dan sentra pelayanan kepemudaan nasional,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (3/4).

Dia mengungkap 3 hal yang dipesan Presiden Jokowi kepadanya, pertama adalah prioritas berbagai cabang olahraga yang punya potensi medali di event olahraga internasional seperti Sea Games maupun Asian Games. “Kedua, Presiden ingin liga pertandingan olahraga masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan, sekolah, dan kuliah. Kami (juga) diminta untuk mengadakan liga antarkampung,” katanya.

Permintaan ketiga, berkaitan dengan eksositem industri olahraga, yang harus semakin maju dan established. “Untuk pemuda, Presiden ingin pengembangannya lebih kepada kewirausahaan dan profesionalitas, dengan capaian indeks pembangunan pemuda yang naik,” katanya.

Sebagai informasi, pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Mewakili milenial dan Gen-Z

Dito Ariotedjo.Dito Ariotedjo. (Tangkapan layar)

Pria kelahiran 25 September 1990 ini mengungkapkan, kepercayaan yang ditujukan padanya adalah sebuah amanah, terlebih ia juga merupakan perwakilan dari generasinya, yakni milenial dan Gen-Z. “Gunakanlah saya sebagai media untuk menyampaikan aspirasi dan keinginan rakyat muda,” ujarnya.

Untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan saat menjabat, Dito mengaku sudah mengundurkan diri sebagai Chairman di Rans pada hari saat ia dilantik. “Otomatis sebagai Menpora, saya harus menaungi semua stakeholders,” kata Dito. “Semua akan dijawab dengan kinerja dan apa yang akan saya perbuat di Kemenpora.”

Pandangan tentang pemuda

Presiden melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora.Presiden melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora. (Tangkapan layar)