NEWS

Putin Berencana Hadiri KTT G20 Bali di Tengah Banyaknya Penolakan

Banyak negara ingin melepaskan Rusia dari kelompok G20

Putin Berencana Hadiri KTT G20 Bali di Tengah Banyaknya PenolakanPresiden Rusia Vladimir Putin
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Hal itu terungkap di saat banyak negara barat berencana mengecualikan Rusia dari perhelatan ekonomi global tersebut, menyusul serangan Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Duta besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, mengatakan pengecualian tidak boleh terjadi karena mengeluarkan Rusia dari forum ekonomi justru akan mempersulit banyak negara untuk memecahkan masalah ekonomi global.

"Reaksi (negara) Barat benar-benar tidak proporsional," ujarnya seperti dikutip Washingtonpost, Kamis (24/3).

Lagipula, menurut Vorobieva, forum G-20 di Bali pada bulan Oktober akan fokus pada masalah ekonomi dan bukan masalah perang di Ukraina. Meski banyak negara mencoba untuk mengusir Rusia dari banyak forum global, nyatanya dalam KTT G20 “Rusia telah diundang,” kata Dubes Rusia tersebut.

Cina mendukung kehadiran Rusia

Bendera Cina.Bendera Cina. (Pixabay/SW1994)

Banyaknya upaya untuk mengecualikan kehadiran Putin dari forum G20, namun tak sedikit pula yang mendukung. Salah satu dukungan itu berasal dari negara terdekat Rusia, yakni Cina.

Negeri tirai bambu bahkan menyebut Rusia tidak bisa dikecualikan dalam forum G20 karena merupakan salah satu anggota penting dalam forum ekonomi tingkat dunia tersebut.

“Tidak ada anggota yang berhak mengusir negara lain sebagai anggota. G20 harus menerapkan multilateralisme nyata, memperkuat persatuan dan kerja sama,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin, kepada wartawan.

Penolakan negara barat terhadap Rusia di G20

Para pemimpin dunia berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Ludovic Marin