NEWS

Rekam Jejak Mendag Zulkifli Hasan di Bidang Ekonomi dan Kontroversinya

Pernah terseret kasus pemberian izin alih fungsi hutan Riau.

Rekam Jejak Mendag Zulkifli Hasan di Bidang Ekonomi dan KontroversinyaMenteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (ANTARAFOTO/Wahyu Putro)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Zulkifli Hasan ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempati posisi Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. Sederet tugas menantinya ke depan, salah satunya menangani karut maut minyak goreng. Lantas, bagaimana rekam jejak politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini di bidang ekonomi? 

Background saya yang pengalamannya panjang, pernah juga menteri, pernah juga pimpinan MPR, saya insyaallah dengan bersama-sama teman-teman bisa cepat menyelesaikan terutama minyak goreng, ketersediaannya ada, harga terjangkau. Kalau berlama-lama kan kasihan rakyatnya. Itu saya kira prioritas,” ujar Zulkifli usai dilantik, Rabu (15/6).

Seperti diketahui, Zulkifli bukanlah orang baru dalam peta politik Indonesia. Sejumlah jabatan pemerintahan pun pernah diemban pria berusia 60 tahun ini, mulai dari Menteri Kehutanan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sampai Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas tentang rekam jejak Mendag Zulkifli Hasan, sekaligus sejumlah kontroversi yang mengikutinya.

Karir politik

Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/6).Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/6). (dok. Setkab)

Mengawali karir politiknya, Zulkifli memiliki modal besar sebagai seorang pengusaha yang pernah memimpin sejumlah perusahaan seperti PT Batin Eka Perkasa, PT Panamas Mitra Inti Lestari, dan PT Sarana Bina Insani.

Keaktifannya di berbagai organisasi pengusaha dan perhimpunan profesi–seperti Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan–sukses membawanya masuk ke PAN. Tercatat, ia pernah menduduki sejumlah posisi strukturan di PAN, mulai dari Ketua Departemen Logistik DPP PAN, Ketua Fraksi PAN di DPR, Sekretaris Jenderal PAN, sampai sekarang menjadi Ketua Umum PAN.

Perjalanan karir politik, membawa Zulkifli lebih jauh berkiprah dalam struktur legislatif dan eksekutif di Republik Indonesia. Pada periode pemerintahan Presiden Jokowi di 2014-2019, Zulkifli terpilih untuk memimpin sebagai Ketua MPR. Pada masa itu, ia turut berperan dalam mengonsolidasikan dua kelompok politik yang berseteru, yakni Koalisi Merah Putih yang mengusung pasangan Prabowo-Hatta Rajasa dan Koalisi Indonesia Hebat yang mengusung Jokowi-Jusuf Kalla.

Sebelumnya, pada masa kepemimpinan Presiden SBY periode 2009-2014, pria yang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris) dan prgram Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM ini pun terpilih menjadi Menteri Kehutanan menggantikan Malem Sambat Kaban pada periode sebelumnya.

Berbagai pencapaian pun diraihnya pada saat memimpin Kementerian Kehutanan, khususnya terkait visi membangun ‘Hutan Lestari untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan’.

Kontroversi izin alih fungsi hutan

Perkebunan kelapa sawitWikimedia Commons