NEWS

Profil Rishi Sunak, PM Inggris yang Baru Pengganti Liz Truss

Rishi Sunak adalah PM Inggris keturunan India pertama.

Profil Rishi Sunak, PM Inggris yang Baru Pengganti Liz TrussRishi Sunak. (Wikimedia Commons)
25 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Rishi Sunak, terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris baru setelah memenangkan pemilihan yang dilakukan Partai Konservatif, Senin (24/10) waktu setempat, menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri setelah 45 haru menjabat. 

Melansir BBC, Selasa (25/10), Sunak melenggang ke posisi tertinggi di Partai Konservatif setelah kandidat terkuat lainnya, yakni Penny Mordaunt, mengundurkan diri dari pencalonan. “Kita harus bersatu atau mati,” ujarnya dalam pidato kemenangan. “Inggris adalah negara yang hebat, namun saat ini kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar.”

Sunak mengatakan, Inggris dan Partai Konservatif adalah prioritas utama dalam kepemimpinannya di kursi PM Inggris. Sebelum dilantik, Sunak dijadwalkan bertemu Raja Charles III, untuk membicarakan pembentukan pemerintahan. "Kami sekarang membutuhkan stabilitas dan persatuan,” ujarnya.

Sebelumnya, ia pernah melayangkan kritik keras atas kebijakan Truss terkait pajak, dan menyebutnya sebagai kebijakan yang membahayakan.

Celah bagi oposisi

Istana Buckingham.
Istana Buckingham. (Pixabay/Viviane6276)

Terpilihnya Sunak adalah sebuah celah bagi partai oposisi, seperti Partai Buruh, untuk mengkritisi berbagai polemik yang terjadi di bawah kekuasaan Parta Konservatif. Bahkan, sebagian partai oposisi menuntut untuk diadakannya pemilihan umum, karena Sunak dianggap tidak memiliki mandat demokratis menjadi PM Inggris.

Wakil pemimpin Partai Buruh, Angela Rayner, mengatakan bahwa Sunak telah dinobatkan sebagai perdana menteri "tanpa dia mengatakan sepatah kata pun tentang bagaimana dia akan menjalankan negara dan tanpa ada yang memiliki kesempatan untuk memilih."

Sementara, pemimpin Demokrat Liberal, Ed Davey, mengungkapkan anggota parlemen konservatif telah mengangkat PM lain tanpa rencana untuk memperbaiki permasalahan di Inggris. “Tanpa memberi suara kepada rakyat Inggris,” ujarnya.

Siapa Rishi Sunak?

Bendera Inggris. Shutterstock/leventina

Related Topics