NEWS

Tak Ada PPKM Level 4 di Jawa-Bali, Situasi Pandemi Diklaim Membaik

Jumlah daerah di level 1 dan 2 PPKM pun bertambah.

Tak Ada PPKM Level 4 di Jawa-Bali, Situasi Pandemi Diklaim MembaikDirektur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA. (dok. Kemendagri)
22 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, mengatakan situasi pandemi Covid-19 semakin membaik. Hal ini ditandai dengan dihapusnya ketegori level 4 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali sesuai Inmendagri Nomor 18 Tahun 2022.

Ia mengatakan, kasus pandemi sudah melandai seiring membaiknya level PPKM di daerah pada masa perpanjangan PPKM Jawa Bali mulai Selasa (22/3) hingga Senin (4/4). Sejumlah daerah mengalami penurunan level, sehingga jumlah daerah di level 1 dan 2 PPKM bertambah.

"Peningkatan jumlah daerah pada Level 2 dan Level 1 serta penurunan Level 3 ini tentunya harus disikapi dengan bijak tanpa mengurangi kewaspadaan dengan tetap berupaya memperkuat capaian vaksinasi, pemberian suntikan ketiga atau booster," ujar Safrizal dalam keterangan pers Kemendagri, Selasa (22/3).

Daftar daerah yang mengalami penuruna level PPKM

Ilustrasi PPKM.
Ilustrasi PPKM. (ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah)

Safrizal menjelaskan, pada periode PPKM sebelumnya ada 7 daerah yang berada di level 4, namun kini sudah turun level.

Demikian pula dengan wilayah di level 3 yang jumlahnya menurun dari 66 menjadi 39 daerah. Kondisi ini berimbas pada jumlah daerah level 2 yang meningkat dari 55 menjadi 83 daerah.

Pada periode PPKM sebelumnya, tidak ada daerah Jawa-Bali yang masuk level 1 PPKM, kini terdapat 6 daerah berstatus level 1. Daerah ketegori level 1 itu di antaranya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat; Kota Surabaya; Kota Mojokerto; Kabupaten Tuban; Kabupaten Mojokerto; dan Kabupaten Lamongan di Jawa Timur.

Penyesuaian peraturan di daerah level 1 PPKM

Karantina.
Karantina. (Pixabay/Alexandra_Koch)

Related Topics