NEWS

Terdampak Kondisi Global, Target Indonesia Jadi Maju Mundur ke 2043

Meski ekonomi diramal sulit, harus tetap optimistis.

Terdampak Kondisi Global, Target Indonesia Jadi Maju Mundur ke 2043ilustrasi resesi global (unsplash.com/Josh Appel)
03 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan bahwa target Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2036 atau 2038, diprediksi mundur hingga tahun 2043.

Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kemenko Perekonomian, Ichsan Zulkarnaen, mengatakan hal ini disebabkan berbagai situasi global yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan. “Karena pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian seluruh negara, termasuk Indonesia, kita akan keluar dari middle income trap pada 2043,” ujarnya dalam sebuah webinar, Kamis (3/11).

Ia mengatakan, pada 2043 Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia diperkirakan akan mencapai US$15.287, meningkat dari target PDB per kapita pada 2040 yang diperkirakan mencapai US$11.332.

Upaya mencapai target

Contoh industri dibidang kendaraan yakni mobil
ilustrasi industri (unsplash.com/Lenny Kuhne)

Umencapai target ini, Pemerintah akan melakukan berbagai program, seperti pengembangan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyderhanaan aturan, birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Dari sisi investasi, pemerintah menargetkan Rp6.543,6 triliun masuk ke Indonesia pada 2023. Sebanyak 83,6 persennya diharapkan berasal dari para pelaku usaha besar. Sedangkan, dari pemerintah investasi ditargetkan hingga Rp640,8, dan dari BUMN sebesar 8 persen dari total target investasi atau Rp525 triliun. Investasi ini, menurut Ichsan, akan mendukung peningkatan PDB. Oleh sebab itu, iklim investasi harus terus diperbaiki.

Fokus pemerintah

Industri di bidang kecantikan
ilustrasi industri dibidang kecantikan (unsplash.com/Possessed Photography)

Related Topics