NEWS

Pebalap MotoGP Sambangi Istana, Bertemu Jokowi hingga Konvoi Jakarta

20 pebalap, termasuk Marc Marquez ikut rombongan konvoi.

Pebalap MotoGP Sambangi Istana, Bertemu Jokowi hingga Konvoi JakartaPresiden melepas konvoi para pebalap MotoGP dari depan Istana Merdeka, Rabu (15/3). (dok. Setkab)
16 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ada pemandangan yang berbeda di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (16/3). Sejumlah pebalap MotoGP memarkirkan kuda besi kebanggaan mereka di depan gerbang istana dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum akhirnya konvoi keliling Jakarta. 

Jokowi menerima audiensi para pembalap MotoGP. Pada kesempatan tersebut Kepala Negara sekaligus melepas parade para pembalap yang akan melintasi kawasan Medan Merdeka menuju Bundaran HI Jakarta.

“Saya sampaikan, bahwa Indonesia memiliki sekitar 122 juta motor. Jadi, saya sampaikan kepada mereka (para pebalap), bahwa fans Anda di Indonesia ini banyak sekali, dan senang semua,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang disampaikan di depan Istana Merdeka, Rabu (16/3).

Prosesi parade para pebalap ini mengawali pertandingan MotoGP yang sudah siap dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Penyelenggaraan perhelatan MotoGP ini, menurutnya menandakan Indonesia sejajar dengan negara-negara lain yang selama ini menggelar acara akbar balap motor tingkat dunia. 

60.000 tiket sudah terjual habis

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan pers di depan Istana Negara, Rabu (16/3).
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan pers di depan Istana Negara, Rabu (16/3). (ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)

Presiden juga menyampaikan bahwa sebanyak 60.000 tiket Moto GP Mandalika yang ditargetkan, sudah terjual habis. 

“Kita harapkan ini (sirkuit Mandalika) menjadi sebuah brand baru bagi negara kita, bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Meski tiket sudah terjual habis, akomodasi hotel di Lombok memang belum sepenuhnya terisi. “Kita masih butuh banyak (keterisian akomodasi) di Mandalika,” ucapnya.

“Kalau event-nya sudah selesai, baru kita hitung berapa kira-kira yang masuk. Setelah event-nya kita selenggarakan di hari Minggu," katanya menambahkan. 

Semarak konvoi para pebalap

Iring-iringan parade para pebalap MotoGP dari Istana Merdeka, menuju kawasan Bundaran HI.
Iring-iringan parade para pebalap MotoGP dari Istana Merdeka, menuju kawasan Bundaran HI. (ANTARAFOTO/Dhemas Reviyanto)

Related Topics