NEWS

Tingkat Kepatuhan Masyarakat pada Prokes Mengendur

Tingkat kepatuhan di bawah 60% alami kenaikan jumlah.

Tingkat Kepatuhan Masyarakat pada Prokes MengendurANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww.

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

26 October 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pada awal Oktober, kabupaten/kota di Indonesia dengan tingkat kepatuhan pemakai masker di bawah 60% mencapai 8,13%. Sayangnya, pada (22/10), jumlah ini naik menjadi 10,19% di kabupaten/kota yang termasuk zona merah. Hal ini disampaikan Sonny B Harmadi, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, pada Minggu (24/10).

Sonny, seperti dilansir Kementerian Komunikasi dan Informatika, juga mengatakan bahwa pada periode yang sama, jumlah kecamatan yang termasuk zona merah bertambah dari 12,99% menjadi 14,62%. “Jika ini terus terjadi, tentu meningkatkan potensi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Disiplin masyarakat pada prokes mutlak dibutuhkan

Menurut Sonny, dalam situasi seperti ini, penerapan protokol kesehatan (prokes) yang disiplin dan konsisten mutlak dibutuhkan. Hal ini untuk menghindarkan terjadinya gelombang ketiga di tengah peningkatan mobilitas penduduk.

"Saat kasus sedang melonjak ataupun melandai, perilaku masyarakat harus tetap sama dalam menerapkan 3M. Selalu pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun, serta rajin mencuci tangan pakai sabun," ujar Sonny.

Sebelumnya, tingkat kepatuhan masyarakat sudah baik

Sebetulnya, pada 3 minggu terakhir Oktober, kata Sonny, tingkat kepatuhan masyarakat pada prokes sudah sangat baik. Pada rentang skor 1-10, rata-rata pemakaian masker sudah mencapai 8,25, sedangkan skor menjaga jarak serta mencuci tangan 8,02.

Sonny mengungkapkan, sebagian besar masyarakat terpantau cukup sadar akan hal ini. Hal ini juga menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan prokes prokes pun dinilai relatif tinggi.

Namun, mengingat relaksasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga diturunkan, Sonny mengimbau semua pihak untuk tetap mengoptimalkan perlindungan kesehatan. Apalagi, di beberapa daerah, disiplin prokes makin terlihat mengendor.