NEWS

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Jokowi Resmikan Bendungan di NTB

Dengan irigasi yang baik, produktivitas pertanian akan naik.

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Jokowi Resmikan Bendungan di NTBPresiden Jokowi meresmikan Bendungan Beringin Sila, di Sumbawa, NTB, Kamis (29/12). (dok. Setpres)
29 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hadirnya infrastruktur ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah kondisi ketidakpasstian tahun depan. 

Jokowi mengatakan, sejak 2015 pemerintah sudah membangun enam bendungan di NTB dan semuanya ditargetkan rampung pada 2023. “Kita harapkan dari enam bendungan yang nanti akan selesai tahun depan semuanya di NTB, produktivitas padi di NTB bisa naik drastis,” ujarnya saat meresmikan Bendungan Beringin Sila, Kamis (29/12).

Bendungan Sila merupakan bendungan keempat yang selesai dibangun di Sumbawa, NTB. Tiga bendungan yang sudah selesai sebelumnya adalah Bendungan Tanju, Bendungan Mila, dan Bendungan Bintang Bano. Sementara, dua bendungan lain yang belum selesai yaitu Bendungan Tiu Suntuk dan Bendungan Meninting.

Tidak murah

Presiden Jokowi usai meresmikan meresmikan Bendungan Beringin Sila, di Kabupaten Sumbawa, NTB, Kamis (29/12).
Presiden Jokowi usai meresmikan meresmikan Bendungan Beringin Sila, di Kabupaten Sumbawa, NTB, Kamis (29/12). (Tangkapan layar)

Mantan Walikota Solo ini mengatakan, Pembangunan Bendungan Beringin Sila tidaklah murah dan mudah. Pembangunan ini menghabiskan anggaran hingga Rp1,7 triliun dengan luas genangan mencapai 126 hektare. Dengan demikian, bendungan ini diklaim mampu mengairi kurang lebih 3.500 hektare areal pertanian.

Jokowi yakin, keberadaan bendungan seperti Bendungan Sila akan mendukung ketahanan pangan dan air di Indonesia. “Jadi ada return-nya pada masyarakat, kepada provinsi, dan juga kepada negara, utamanya untuk ketahanan air dan ketahanan pangan kita,” ujarnya.

Alasan utama

Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah petani  usai meresmikan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB.
Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah petani usai meresmikan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB. (Dok. Setpres)

Related Topics