NEWS

Kenali Bahaya Kesehatan Bila Nitrogen Cair Tertelan

Nitrogen cair bisa berbahaya jika masuk ke tubuh berlebihan.

Kenali Bahaya Kesehatan Bila Nitrogen Cair TertelanIlustrasi Chiki Ngebul. (Wikimedia Common)
09 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Belum lama ini masyarakat Indonesia digemparkan oleh jajanan kekinian ‘ciki ngebul’ yang menimbulkan keracunan pada konsumen, yang sebagian besar anak-anak. Nitrogen cair yang digunakan pada jajanan tersebut sebagai pembuat efek asap atau ‘ngebul’ pun jadi penyebabnya. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengimbau agar para orang tua memerhatikan pemberian makanan kepada anak-anak. “Sebaiknya yang bergizi dan diolah dengan cara yang standar, tidak jajan sembarangan,” kata Nadia dalam keterangan (7/1).

Sebelumnya, beberapa anak-anak di sejumlah daerah–seperti Tasikmalaya dan Bekasi–mengalami keracunan setelah mengonsumsi ‘chiki ngebul’ dengan gejala pusing, mual, hingga muntah darah. Dampak asap dingin (ice smoke) yang ditimbulkan oleh nitrogen cair ternyata tidak sensasional seperti tampilannya yang menggugah para bocah untuk membeli jajanan makanan ringan tersebut, justru membahayakan.

Nitrogen cair memang ada yang berstatus food grade atau aman untuk dikonsumsi, Namun, dalam penggunaan yang berlebihan, sisa nitrogen di makanan bisa jadi berbahaya bagi orang yang mengonsumsinya.

Jadi, apa sebenarnya nitrogen cair itu dan seberapa besar bahayanya saat dikonsumsi manusia. Berikut ini, mengutip beberapa sumber.

Apa itu nitrogen cair?

Nitrogen cair.
Nitrogen cair. (Wikimedia Common)

Menurut India Today, nitrogen cair adalah gas nitrogen yang dibuat cair pada suhu yang sangat rendah. Bahan ini sebenarnya sudah digunakan untuk mengawetkan makanan sejak tahun 1800-an.

Seiring perkembangan teknologi makanan, nitrogen cair pun lazim digunakan untuk mendiginkan makanan atau minuman, bahkan mempercantik tampilan hidangan dengan efek asap yang menarik.

Meski demikian, para penggunanya harus benar-benar memastikan bahwa nitrogen cair yang dipakai sudah terjamin food grade. Dalam penggunaan yang berlebihan, nitrogen cair tetap saja zat yang berbahaya untuk dimasukkan ke dalam tubuh. Nitrogen cair yang sangat dingin bisa membuat erosi dan luka pada lambung atau usus bila tertelan dalam bentuk cair.

Bahaya kesehatan akibat menelan nitrogen cair

Nitrogen cair.
Nitrogen cair. (Wikimedia Common)

Related Topics