NEWS

Jokowi Sampaikan Peluang Investasi di IKN di Hadapan Investor

Sekarang adalah kesempatan emas untuk berinvestasi di IKN.

Jokowi Sampaikan Peluang Investasi di IKN di Hadapan InvestorPresiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10). (dok. Setkab)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

19 October 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dibangun sebagai wujud keadilan ekonomi dalam transformasi peradaban Indonesia. Untuk itu, pemerintah pun membuka peluang untuk masuknya investasi hingga 80 persen dari total kebutuhan pembangunan IKN Nusantara.

Ia mengatakan, IKN Nusantara adalah masa depan Indonesia yang mampu terwujud dengan adanya upaya bersama dari seluruh pihak, termasuk para investor. “Bukan hanya pemerintah yang bergerak karena memang pemerintah hanya kurang lebih menyiapkan 20 persen dari bujet yang ada,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (19/10).

Menurut Jokowi, pemindahan ibu kota Indonesia ke Nusantara merupakan langkah Indonesia untuk membangun budaya kerja, pemikiran, dan basis ekonomi baru. Hal ini adalah bagian dari keberanian Indonesia untuk melangkah demi kemajuan bangsa. “Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” ujarnya. 

Kesempatan emas bagi para investor

Presiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10).Presiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10). (dok. Setkab)

Jokowi mengatakan, momentum pembangunan IKN Nusantara merupakan kesempatan emas bagi para investor untuk menanamkan modalnya dan berkontribusi dalam transformasi peradaban Indonesia. Hal ini merupakan kesempatan langka yang tidak akan terulang. 

“Di financial center, di kawasan healthcare center, di kawasan education center, di housing area, di tourism area, silakan. Jika kita tidak berani transformasi dari sekarang, sampai kapan pun kita akan sulit jadi negara maju," katanya. 

Untuk menjamin  keamanan investasi bagi para investor, pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara sudah diperkuat dengan payung hukum Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. “Itu sudah disetujui 93 persen dari fraksi-fraksi yg ada di DPR. Loh kurang apa lagi? Kalau ada yang masih kurang yakin, nanti sampaikan,” ujarnya.

Kota pintar dan transportasi listrik di IKN Nusantara

Mobil melintas di jalan kawasan IKN.Mobil melintas di jalan kawasan IKN. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama)

Related Topics