NEWS

10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Ada di Indonesia?

Ini jalan tol terpanjang di dunia beserta negaranya.

10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Ada di Indonesia?Ilustrasi jalan bebas hambatan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
16 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jalan tol dibangun di berbagai belahan dunia untuk mempersingkat waktu perjalanan, sekaligus menjadi akses dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, tahukah Anda jalan tol terpanjang di dunia?

Jalan tol adalah singkatan dari Tax on Location, yang artinya jalan yang dikenakan pajak. Jadi, ketika Anda melewati jalan tersebut akan dikenakan sebuah tarif di tempat. Di Indonesia sendiri, pembangunan jalan tol mulai massif dilakukan sejak 2015 demi konektivitas dan mengurangi biaya logistik. 

Adapun jalan tol terpanjang di dunia adalah The Pan American Highway, di Amerika Serikat (AS), yang membentang sepanjang 48.000 km. Sebagian besar jalan tol atau jalan raya terpanjang di dunia terletak di negeri Paman Sam. Berikut daftar jalan tol terpanjang di dunia beserta negaranya, melansir laman Road Traffic Technology.

1. The Pan American Highway

The Pan American Highway adalah jalan raya atau tol terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 48.000 km. Jalannya meliputi seluruh sistem jalan raya antarnegara bagian AS. The Pan American Highway terdiri dari jalan raya interkoneksi, yang menghubungkan lebih dari 20 negara di Amerika, kecuali celah 100 km di tengah jalan, yang terletak antara Panama dan Kolombia, yang dikenal sebagai Darién Gap.

Proyek jalan raya ini digagas pada tahun 1923, dan membentang dari Buenos Aires di Amerika Selatan hingga Edmonton di Amerika Utara. Bagian pertama dari jalan raya ini diselesaikan oleh Meksiko pada tahun 1950. Namun, Meksiko hanya membangun dan membiayai bagian-bagian jalan raya yang melintasi negara itu, sedangkan untuk bagian-bagian yang melintasi negara-negara Amerika Tengah yang lebih kecil, dibangun dengan bantuan dari AS.

2. Highway 1 in Australia

Highway 1 di Australia adalah jalan raya terpanjang kedua di dunia, mencakup 14.500 km, terdiri dari jalan raya yang saling berhubungan. Jalan Raya 1 Australia ini diresmikan sebagai jalan raya nasional pada tahun 1955.

Highway 1 Australia terdiri dari jalan tunggal dan jalan banyak, rutenya menyentuh semua negara bagian yang ada di Australia, kecuali Brisbane dan Darwin yang tidak terhubung langsung. Rute asli Highway 1 Australia yang diusulkan pada tahun 1955, disesuaikan kembali pada tahun 1959, 1974, dan 1998. Jalan raya ini bisa mengangkut lebih dari satu juta orang per hari.

Related Topics