NEWS

Astra Life Ajak Generasi "Sandwich" Miliki Perencanaan Keuangan

Asuransi jiwa dan kesehatan penting bagi tiap orang.

Astra Life Ajak Generasi "Sandwich" Miliki Perencanaan KeuanganGoogle

by Desy Yuliastuti

22 October 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Generasi sandwich adalah mereka yang 'terjepit' karena tak hanya menghidupi diri sendiri, melainkan harus menanggung generasi di atasnya (orang tua) dan generasi di bawahnya (anak). PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life milenial generasi sandwich untuk memiliki perencanaan keuangan agar secara finansial lebih siap untuk bisa memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, merespons hal tersebut, Astra Life pun menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen - Dimulai Dari Kamu dengan menjadi generasi sandwich yang lebih baik saat ini, agar bisa menciptakan generasi penerus yang cerdas finansial, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa di masa depan.

"Melalui kampanye ini, kami ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi sandwich generation yang lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial, karena tentunya kita tidak mau mengurangi tanggung jawab kepada keluarga,” ujar Windawati saat peluncuran kampanye tersebut secara virtual di Jakarta, Kamis (21/10).

Pentingnya perencanaan keuangan yang baik

Dengan perencanaan keuangan yang baik seperti memiliki asuransi, kata dia, dapat memperbesar kekuatan untuk menanggung dan membahagiakan anggota keluarga tercinta.

Nilai kekeluargaan yang lekat di masyarakat Indonesia mengajarkan bahwa sudah sejatinya setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya ketika sudah dewasa termasuk mendukungnya secara finansial ketika orang tua mereka sudah memasuki usia lanjut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020 menyebutkan bahwa 78,27 persen sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja. Sementara Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan, 62,64 persen kaum lanjut usia di Indonesia tinggal bersama anak cucunya.

Data Susenas memperlihatkan cukup banyak orang Indonesia usia produktif yang menopang orang tua lanjut usia sekaligus menopang dirinya sendiri dan anak atau bahkan saudara. Generasi tersebut dikenal sebagai generasi sandwich atau sandwich generation.

Dilema generasi sandwich

Beratnya tanggung jawab yang dihadapi generasi sandwich sering kali menjadi polemik, antara rasa bangga bisa membantu keuangan keluarga, tapi terhimpit banyaknya tanggungan yang harus dicukupi.

Hasil survei Katadata Insight Center untuk Astra Life pada bulan September 2021 terhadap 1.828 responden berusia 25-45 tahun yang tersebar di seluruh Indonesia menyebutkan, 83,6 persen generasi sandwich di Indonesia percaya kalau mereka mampu merawat tanggungan dengan baik, namun faktanya hanya 13,4 persen yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi.

Menurut Windawati, dasar perencanaan keuangan yang baik selain memiliki tabungan dan investasi adalah dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. 

Risiko kesehatan pun tidak dapat dihindari dan kerap menjadi pengeluaran terbesar dan tidak terduga. Uang pertanggungan dari asuransi jiwa, salah satunya bisa menjadi penyambung hidup keluarga apabila pencari nafkah atau penopang hidup keluarga harus tutup usia.

Astra Life pun menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan generasi "sandwich" dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).

Produk perlindungan bisa didapatkan, baik melalui jalur distribusi bank dan direct business Astra Life maupun produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional. Dengan kemudahan layanan digital yang dapat diakses melalui e-commerce milik Astra Life dan aplikasi mobile banking PermataMobileX.

Related Topics