NEWS

Banjir Diskon Wisata Dalam Negeri di #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023

Bidik pendapatan pariwisata Rp3,281 triliun.

Banjir Diskon  Wisata Dalam Negeri di #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023Pulau Padar, Labuan Bajo. Shutterstock/Sittichai Wangngam

by Desy Yuliastuti

19 May 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Travel fair pertama khusus pariwisata domestik bertajuk #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 digelar di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 19-21 Mei 2023.

Pameran ini dihelat oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan InJourney.

Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Oddo Manuhutu, mengatakan pameran ini juga menjadi upaya untuk mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia yang memiliki target 1,2 - 1,4 miliar perjalanan dengan dampak ekonomi pendapatan pariwisata di kisaran Rp3,281 triliun.

"Nilai tersebut akan berdampak signifikan terhadap pemulihan pariwisata dan ekonomi makro," ujar Oddo dalam keterangan pers, dikutip Jumat (19/5).

Senada, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menyampaikan #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 diharapkan meningkatkan minat kunjungan wisatawan dan mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dalam negeri pascapandemi.

#DIATF Travel Fair ini merupakan Travel Fair pertama yang berfokus untuk destinasi pariwisata domestik. "Ini tentu menjadi capaian bagi kita semua sebagai pelaku industri pariwisata untuk membangkitkan kesadaran potensi wisata domestik di Indonesia," kata Maya.

Promo agen perjalanan dan perbankan

source_name

Sekretaris Jenderal GIPI dan juga Ketua Umum DPP ASTINDO, Pauline Suharno mengungkapkan, pameran ini berbeda ASTINDO Travel Fair sebelumnya.  

Para agen perjalanan ternama Tanah Air ikut serta, baik Jakarta maupun dari luar daerah. Di antaranya lain A&T Holidays, Antavaya, Asia Trip, Avia Tour, Bayu Buana, Dwidayatour, Elok Tour, Era Tour, Golden Rama, Mytours, Panorama JTB, Pantravel, Smailing Tour, WITA Tour, Xpose Leisure, dan sebagainya.

"Kami pun melibatkan para pelaku wisata domestik seperti Quicksilver Cruise, KAI & KAI Pariwisata, Taman Safari Indonesia, Hotel Santika, Panorama Hotel Management, TMII, Bravo Adventure, White Horse, BPPD Tomohon dan Bakmi Naga Resto. Masih banyak tenant yang ingin berpartisipasi tapi karena keterbatasan waktu dan tempat tidak dapat kami tampung semua," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana #DIATF 2023 Anton Sumarli menyampaikan, “Kami ingin agar masyarakat mengetahui ada begitu banyak pilihan destinasi untuk berwisata di Indonesia aja yang dapat dipesan pada #DiIndonesiaAja Travel Fair.”

Penyelenggaraan #DIATF 2023. Juga didukung bank BUMN dan swasta, seperti BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Mandiri,

Bagi para pelanggan BCA, BCA akan memberikan promo cashback Rp500.000 untuk setiap pembelanjaan minimum Rp3.000.000 dan cicilan 0% selama 3 bulan.

Sementara itu, BNI juga mengajak Pelanggan yang belum memiliki Kartu Kredit BNI, untuk bisa langsung apply secara online melalui e-form selama #DIATF berlangsung untuk mendapatkan cashback Rp 1 juta.

"Dengan syarat transaksi minimum akumulasi Rp2 juta dalam 2 bulan pertama sejak kartu disetujui," kata Head of Card Business BNI, Grace Situmeang.

Bank Mandiri juga akan memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin bertransaksi di dalam negeri melalui fitur pembayaran scan QRIS yang mudah diakses di aplikasi livin' by mandiri. Mereka juga akan menyediakan benefit tambahan bagi nasabah pemegang Mandiri Kartu Kredit/Debit.