NEWS

Fantastis, Gaji Wasit Piala Dunia Qatar 2022 Capai Rp4,6 M

Gaji Wasit Piala Dunia Qatar 2022 dilihat dari kategorinya.

Fantastis, Gaji Wasit Piala Dunia Qatar 2022 Capai Rp4,6 MWasit Piala Dunia 2022 (Instagram.com/fifawomensworldcup)
16 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Gelaran Piala Dunia Qatar 2022 tak hanya menjadi piala dunia termahal dengan anggaran USS$220 miliar, tapi gaji gaji wasit piala dunia Qatar tak kalah fantastis.

Sebagai salah satu profesi yang cukup penting dalam sebuah pertandingan sepak bola, wasit jadi kunci kelancaran pertandingan yang sedang berlangsung. Merekalah yang bertanggung jawab atas segala peraturan yang diterapkan dalam lapangan ketika dua tim sepak bola bermain.

Pada pertandingan profesional, pemilihan wasit sepak bola tidak bisa sembarangan. Setiap orang yang ingin menjadi wasit harus melewati berbagai program latihan dan kursus wasit. Dengan perannya cukup vital, berapakah gaji wasit Piala Dunia Qatar 2022?

Secara umum, wasit Piala Dunia dibagi atas lima bagian yang memiliki tugas masing-masing, antara lain wasit utama, asisten wasit, fourth official, dan wasit VAR. Tiap wasit memiliki tugas dan wewenang yang krusial di tiap bagian dalam sebuah permainan sepak bola profesional. 

Melansir en.as.com, berikut informasi terkait tugas dan gaji dari tiap wasit yang bertugas di Piala Dunia Qatar 2022.

1. Wasit Utama

Wasit utama adalah seorang wasit inti yang bertanggung jawab atas jalannya pertandingan. Merekalah yang biasa terlihat di tengah lapangan bersama dengan para pemain yang bertanding. 

Berapa gajinya? Wasit utama dalam piala dunia dibayar sejumlah US$3.000 untuk satu pertandingan di babak grup, atau sekitar Rp46,9 juta. Sedangkan untuk fase gugur dan final, bayaran mereka naik menjadi US$10.000, atau sekitar Rp156 juta. 

Biasanya, seorang wasit akan mengawasi setidaknya dua pertandingan, dan FIFA menambahkan biaya pertandingan ke dalam pembayaran kontrak mereka. Jika ada seorang wasit yang sukses dalam memimpin seluruh pertandingan yang ada (termasuk final), maka Ia akan mendapatkan bayaran hingga US$300.000, atau sekitar Rp4,6 miliar.

2. Asisten Wasit

Asisten wasit adalah wasit yang bertugas di sisi kanan dan kiri lapangan untuk mengawasi offsides ataupun pelanggaran yang tidak terlihat secara jelas oleh wasit utama. Sayangnya, mereka tidak mendapatkan gaji yang sama atau mendekati wasit utama. 

Besaran gaji asisten wasit US$2.500 per pertandingan selama babak grup atau sekitar Rp39 juta. Untuk fase gugur dan final, mereka akan mendapatkan US$5.000 atau sekitar Rp78,1 juta. 

Jika berhasil mengawasi seluruh pertandingan yang ada, mereka bisa mendapatkan gaji hingga US$150.000, atau sekitar Rp2,34 miliar.

Related Topics