NEWS

Kolaborasi Bersama Membangun 'Rumah Oksigen Gotong Royong'

GoTo, KADIN Indonesia, dan Samator Group menginisiasi ROGR.

Kolaborasi Bersama Membangun 'Rumah Oksigen Gotong Royong''Rumah Oksigen Gotong Royong' yang merupakan kolaborasi KADIN Indonesia, GoTo, dan Samator Group bisa menampung kurang lebih 500 pasien. Dok. GoTo
25 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, Fortune - Grup GoTo bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) beserta PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator Group) menginisiasi “Rumah Oksigen Gotong Royong”. Upaya ini merupakan bagian dari kolaborasi mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia. 

“Rumah Oksigen Gotong Royong” merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang (kategori 2). 

Lima solusi dan efektivitas 'Rumah Oksigen Gotong Royong'

1. Lokasi yang berada di jantung suplai oksigen pabrik Samator Group akan memastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita Covid-19 dengan gejala sedang. 

2. Kecepatan dan kedekatan akses ini akan mengeliminasi tantangan logistik dimana sering kali pasien harus mencari dan membawa oksigen dari tempat yang jauh.

3. Kemudahan sistem registrasi/pemesanan tempat di “Rumah Oksigen Gotong Royong” melalui aplikasi Halodoc. 

4. Operasional yang dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan fasilitas kesehatan. 

5. Kemudahan akses kepada berbagai rumah sakit di sekitar lokasi, baik rumah sakit rujukan Covid-19, maupun rumah sakit swasta, untuk penderita yang mengalami eskalasi kasus. 

Proyek Pertama

Sebagai proyek pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulogadung tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group. Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid menuturkan pihaknya melihat kebutuhan oksigen merupakan hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini.

”Karena itu Rumah Oksigen Gotong Royong didirikan untuk memberikan suatu solusi dari permasalahan krisis oksigen yang kita alami saat ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, Rachmat Harsono mengatakan pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulogadung dimaksudkan untuk mempermudah distribusi oksigen bagi warga yang membutuhkan.

“Setiap harinya akan disalurkan oksigen secara pipa non-stop untuk memenuhi kebutuhan Rumah Oksigen Gotong Royong,” katanya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya siap melakukan hal serupa di provinsi lain di Indonesia. “Kami akan siap melakukan hal yang sama di beberapa lokasi pabrik kami yang tersebar di Nusantara, yang memungkinkan untuk melakukan pipanisasi secara langsung.”

Dirinya juga menyampaikan bahwa Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah meninjau lokasi Rumah Oksigen Gotong Royong dan mendukung inisiasi dari pihak swasta tersebut. 

“Beliau mendorong dan memfasilitasi pabrik-pabrik baja yang memiliki pabrik independen oksigen, dan produsen-produsen oksigen, agar berbuat hal yang sama,” ujar Rachmat.

Related Topics