NEWS

Telkom Gandeng Binance Bangun Platform Kripto Lewat MDI Ventures

Mematangkan model bisnis sambil menunggu regulasi.

Telkom Gandeng Binance Bangun Platform Kripto Lewat MDI VenturesIlustrasi Bitcoin. (Shutterstock/Coyz0)

by Desy Yuliastuti

15 December 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) melalui MDI Ventures berkolaborasi dengan Binance Holdings, pusat perdagangan kripto terbesar di dunia, untuk membangun platform perdagangan kripto di Tanah Air. Kedua pihak masih menunggu regulasi mengenai perdagangan aset mata uang kripto.

Kerja sama dengan Binance ini memiliki potensi yang besar. Mengingat Binance saat ini merupakan platform trading kripto terbesar di dunia dengan nilai transaksi mencapai US$49 miliar per hari.

Kolaborasi garap platform perdagangan kripto

CEO PT Metra Digital Investama (MDI Ventures), Donald Wihardja, mengatakan perseroan dan Binance telah memiliki komitmen untuk berkolaborasi dengan membentuk platform perdagangan kripto baru di Indonesia. 

Beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan antara lain bentuk platform hingga kepemilikan saham di platform tersebut.  “Mereka [Binance] di Indonesia ingin memenuhi peraturan. Sejak awal kerja sama untuk membuat platform kripto, mereka akan memenuhi lisensi untuk itu. Dengan itu nantinya orang bisa membayar dengan rupiah, tetapi setelah diperbolehkan oleh otoritas Indonesia,” kata Donald kepada awak media di Jakarta, Selasa, (14/12).

MDI tidak akan berinvestasi ke Tokocrypto, yang saat ini juga dimodali oleh Binance. Namun, saat ini terus mematangkan skema kerja sama, sambil menunggu regulasi mengenai perdagangan kripto rampung dibahas. 

Membahas kerja sama dan menunggu regulasi rampung

Donald menjelaskan, saat ini Binance masih menunggu regulasi yang jelas mengenai penyedia platform perdagangan kripto dan regulasi mengenai kripto di Indonesia. Mengingat Binance bertekad untuk mendapatkan lisensi yang resmi untuk operasionalnya. MDI Ventures dan Binance pun akan menaati seluruh regulasi yang berlaku. 

Meskipun demikian, hingga saat ini masih belum jelas bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara MDI dan Binance di Indonesia. Adapun mengenai waktu implementasi kerja sama keduanya, kata Donald, keduanya pun belum dapat mengumumkan. 

“Kapan bisa live kolaborasinya? Bergantung regulator Indonesia, karena kami ingin berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Donald.