NEWS

Telkomsel Hadirkan Robocall untuk Mempermudah Rumah Sakit

Solusi digitalisasi layanan kesehatan. Apa kelebihannya?

Telkomsel Hadirkan Robocall untuk Mempermudah Rumah SakitDok. Telkomsel

by Desy Yuliastuti

12 October 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Operator seluler Telkomsel menghadirkan Robocall, layanan yang memungkinkan rumah sakit melakukan panggilan kepada pelanggan secara bersamaan secara digital atau tanpa memerlukan agen.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir, mengatakan adanya gap antara kebutuhan layanan digital yang dikehendaki oleh konsumen dengan layanan rumah sakit saat ini, membuat semua rumah sakit berlomba-lomba melakukan transformasi digital.

"Untuk itu Telkomsel datang memberikan berbagai macam solusi dan menjadi your partner digital transformer. Harapannya agar perusahaan atau rumah sakit bisa berfokus pada peningkatan kualitas layanan utama mereka," katanya, dalam keterangan pers Minggu (10/10).

Apa saja manfaat Robocall?

Meningkatnya permintaan layanan dan jumlah pasien di masa pandemi Covid-19 memaksa rumah sakit harus bertransformasi ke arah digital, baik dari sisi manajemen hingga pelayanannya.

Dharma mengatakan, hadirnya Robocall mempermudah pelayanan rumah sakit. Dalam satu aplikasi, bisa digunakan untuk mengingatkan jadwal check up pasien, jadwal dokter, dan sebagainya.

Di samping itu, upaya ini sejalan dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2019 tentang penyelenggaraan pelayanan telemedicine antarfasilitas pelayanan kesehatan juga menjadi salah satu faktor percepatan transformasi digitalisasi rumah sakit di Indonesia.

Menjawab kebutuhan pasien

Di sisi lain, Direktur Utama RS Ananda Purwokerto Widayanto memberikan apresiasi kepada Telkomsel atas terobosan Robocall ini. "Terima kasih kepada Telkomsel yang sudah membantu kami dengan layanan Robocall, sehingga kami bisa menghubungi 300 orang pelanggan kami secara bersamaan," ujarnya.

"Terus terang kebutuhan untuk berkomunikasi dengan pasien di masa pandemi ini meningkat jauh di luar ekspektasi kami. Semoga ke depan Telkomsel dan RS Ananda Purwokerto bisa terus bekerja sama," katanya, menambahkan.

Selain menyediakan layanan Robocall, Telkomsel juga menghadirkan layanan Orbit, yaitu solusi wi-fi kapan saja dan di mana saja, layanan video conference Cloud-X dan juga paket internet dengan harga spesial untuk RS dan instansi bisnis lainnya.