NEWS

AP II: Penerbangan Internasional Lion Air Group Pindah ke Terminal 2F

Perubahan baru ini berlaku mulai 16 Desember 2022.

AP II: Penerbangan Internasional Lion Air Group Pindah ke Terminal 2FBandara Soekarno-Hatta

by Ekarina

14 December 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Operator bandara Soekarno-Hatta (Soeta), PT Angkasa Pura II mengumumkan, seluruh penerbangan internasional Lion Air Group, mencakup maskapai Lion Air, Batik Air, Batik Air Malaysia dan Thai Lion Air akan dilayani melalui jalur Terminal 2F dari yang sebelumnya berada di Terminal 3. Perubahan baru ini belaku mulai 16 Desember 2022

Menurut Angkasa Pura II, perpindahan operasional penerbangan internasional Lion Air ini merupakan bagian dari program penyeimbangan kapasitas terminal di Bandara Soekarno-Hatta.

"Bandara Soekarno-Hatta memasuki periode pemulihan di tengah pandemi ini di mana tingkat pemulihan (recovery rate) sudah mencapai 80-90 persen, dalam artian lalu lintas penerbangan saat ini sudah berkisar 80-90persen dari kondisi 2019 saat belum ada pandemi," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dikutip Rabu (14/12).  

Seiring peningkatan penerbangan ini, AP II menjalankan program rebalancing capacity dengan mendistribusikan penerbangan secara merata di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 agar standar pelayanan dan operasional dapat tetap terjaga. 
 

Koordinasi stakeholder

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan persiapan sudah dilakukan oleh seluruh stakeholder guna memastikan Terminal 2F siap mengakomodir seluruh penerbangan internasional Lion Air Group.

Angkasa Pura II  telah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, Balai Karantina, Lion Air Group, AirNav Indonesia selaku penyedia jasa navigasi penerbangan, lalu ground handling serta stakeholder lainnya untuk memastikan perpindahan seluruh operasional penerbangan internasional Lion Air ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022.

“Calon penumpang pesawat diimbau memperhatikan informasi dari AP II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta dan juga dari Lion Air Group mengenai perpindahan operasional penerbangan internasional ini,” ujar Dwi Ananda Wicaksana. 

 AP II tengah melakukan revitalisasi Terminal 2F secara berkala untuk meningkatkan kenyamanan bagi para penumpang. 

“Terminal 2F dipastikan siap mengakomodir penerbangan internasional Lion Air Group. Setiap harinya, diperkirakan jumlah penerbangan internasional Lion Air Group di Terminal 2F sekitar 32 penerbangan (total take off dan landing) dengan 6.169 penumpang (total berangkat dan datang),” ujarnya. 

AP II memastikan ketersediaan transportasi publik di Terminal 2F, mulai dari bus, taksi, hingga skytrain untuk menuju Stasiun Kereta Bandara. 

Berpindahnya penerbangan internasional Lion Air Group juga merupakan bagian dari upaya AP II untuk melakukan penyeimbangan lalu lintas penerbangan di setiap terminal di Bandara Soekarno-Hatta. 

Dengan kepindahan ini, maka pergerakan pesawat di Terminal 3 akan turun 19 persen diikuti penurunan penumpang pesawat sekitar 9,8 persen. 

“Program rebalancing capacity di terminal membuat lalu lintas penerbangan merata di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 sehingga standar pelayanan dan operasional dapat tetap terjaga,” ujarnya. 

Program ini juga bertujuan guna memastikan pelayanan terbaik bagi traveler saat memasuki periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sementara itu, Lion Air Group merespons positif langkah AP II dalam memastikan kelancaran perpindahan operasional penerbangan internasional ke Terminal 2F.

"Lion Air Group berterima kasih atas koordinasi dan kerja sama dengan pengelola bandar udara - PT Angkasa Pura II, regulator, AirNav Indonesia, serta mitra terkait lainnya, dalam mempermudah dan memperlancar proses perjalanan udara bagi  penumpang," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro.

Daftar maskapai di masing-masing terminal

Berikut daftar lengkap maskapai di masing-masing terminal di Bandara Soekarno-Hatta yang akan mulai berlaku per 16 Desember 2022,

Terminal 1

  • Rute domestik:
  1. Indonesia AirAsia
  2. Super Air Jet
  3. Sriwijaya Air
  4. NAM Air
  5. Airfast


Terminal 2

  • Rute domestik:
  1. Batik Air
  2.  Lion Air


Rute internasional di 2F:

  1. Lion Air
  2. Batik Air
  3. Thai Lion Air
  4. Batik Air Malaysia


Terminal 3

  • Rute domestik:
  1. Garuda
  2. Citilink
  3. Pelita Air
  4. Transnusa


Rute internasional:

  1. Indonesia AirAsia
  2.  Garuda 
  3. Citilink
  4. Seluruh maskapai asing

AP II mengimbau calon penumpang selalu memperhatikan informasi dari maskapai terkait jadwal keberangkatan dan kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta.