NEWS

Apa Itu Workshop? Pengertian, Jenis dan Perbedaannya

Workshop ini bisa menambah teman, jejaring, dan kemampuan.

Apa Itu Workshop? Pengertian, Jenis dan Perbedaannyailustrasi rapat (unsplash.com/Dylan Gillis)
by
13 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mengadakan workshop atau lokakarya merupakan salah satu upaya yang perusahaan lakukan dalam meningkatkan kecakapan dan kemampuan karyawannya. Pada dasarnya, keterampilan dan kemampuan karyawan akan mempengaruhi bisnis perusahaan. Semakin banyak keahlian yang karyawan miliki, semakin besar dampaknya pada kinerja individu tersebut.

Setiap karyawan tentu memiliki kemampuan dan kinerja yang berbeda-beda dan terkadang tidak sesuai dengan standar perusahaan. Divisi HR tentu menginginkan kinerja karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.

Selain ilmu, workshop ini bisa menambah teman, jejaring, dan mempelajari kemampuan baru yang mungkin belum dikuasai sebelumnya.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan workshop itu? Mengapa hal ini penting bagi perkembangan keahlian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian workshop

Menurut Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan tempat sekelompok orang terlibat dalam diskusi dan aktivitas intensif tentang subjek atau proyek tertentu. Sedangkan menurut Collins Dictionary, workshop adalah periode diskusi atau kerja praktik tentang topik tertentu ketika sekelompok orang berbagi pengetahuan atau pengalamannya.

Workshop mirip dengan seminar, namun umumnya jauh lebih kecil daripada konferensi. Workshop biasanya dapat menjadi elemen dari struktur konferensi dan cenderung interaktif, mendidik, dan terdapat percakapan di dalamnya. 

Workshop ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada sekelompok orang untuk mendalami suatu ilmu atau pelajaran tertentu. Di dalam workshop biasanya juga terdapat diskusi sehingga menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran dan mempelajari pendapat orang lain.

Jenis-jenis workshop

Jika menengok dari sisi konsep acaranya, kegiatan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu yang berbentuk diskusi dan pelatihan.

Namun, jenis-jenis ini tidak hanya dilihat dari segi konsep acara saja. Berikut adalah jenis-jenis lain yang perlu kamu ketahui.

1. Berdasarkan sifatnya

  • Bersifat mengikat. Artinya, workshop ini mengharuskan setiap pesertanya untuk mengikuti hasil dari proses workshop itu sendiri. Biasanya, penyelenggara kegiatan ini adalah individu atau lembaga tertentu.
  • Bersifat tidak mengikat: workshop ini tidak mewajibkan pesertanya untuk mengikuti hasil dari kegiatan workshop tersebut.

2. Berdasarkan waktunya

  • Beruntun. Maksudnya, kegiatan workshop ini dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu secara terus-menerus. Sehingga, kegiatannya bisa berlangsung selama berhari-hari.
  • Tidak beruntun: kegiatan ini hanya dilakukan sekali saja dalam jangka waktu yang panjang, seperti mingguan atau bulanan.

Related Topics