NEWS

Aturan Terbit Bulan Depan, Ini Beberapa Insentif Investasi di IKN

Demi menarik investor.

Aturan Terbit Bulan Depan, Ini Beberapa Insentif Investasi di IKNBambang Susantono. (Wikimedia Commons)
by
24 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan progres pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara secara keseluruhan sesuai target yang telah disusun.

Pemerintah pun terus mematangkan aturan yang dijadikan landasan pemberian insentif guna menarik investor.

“Insyaallah dalam satu bulan ke depan kita ingin akan ada satu percepatan untuk keluarnya rancangan insentif ini, yang judulnya kira-kira insentif khusus untuk kemudahan berinvestasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara," kata Bambang di Istana Negara, dikutip Antara, Rabu (24/3).

Beragam insentif dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan dihadiri Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa sore, (23/8).

Rancangan aturan insentif investasi di IKN pada dasarnya diupayakan setara atau bahkan lebih menarik jika dibandingkan dengan sasaran investasi lainnya di Indonesia.

Sebagai contoh, untuk fasilitas insentif tax holiday, di suatu tempat lain hanya mencapai 15 tahun, sedangkan di IKN Nusantara bisa berlaku hingga 20 tahun. “Jadi, sedikit lebih agar orang memang lebih tertarik berinvestasi di IKN," kata Bambang.

Ada masukan dari KADIN

Bambang mengakui bahwa beberapa inisiatif dari usulan insentif investasi di IKN Nusantara antara lain berdasarkan hasil masukan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan kalangan investor.

Otorita IKN secara aktif juga mencari tahu keinginan dan daya tarik seperti apa yang bisa sesuai di kalangan investor agar mau masuk berinvestasi di IKN. "Insyaallah dalam dua minggu tiga minggu ke depan kita akan lebih konkret lagi," kata Bambang.

Tiga pokok insentif

Ilustrasi : ibu kota negara di Kalimantan Timur
Instagram/ Nyoman Nuarta

Related Topics