NEWS

Bangun Ekosistem Sehat, Erick Thohir Ancam Blacklist Mitra BUMN Nakal

Erick juga akan mengapresiasi mitra jalin kerja sama baik.

Bangun Ekosistem Sehat, Erick Thohir Ancam Blacklist Mitra BUMN NakalMenteri BUMN Erick Thohir saat acara Apresiasi Mitra BUMN Champion di Grha Pertamina, Jakarta, Selasa (10/5).
by
11 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akan membuat daftar hitam mitra-mitra perusahaan pelat merah yang kerap melakukan proses bisnis korup. Pernyataan ini disampaikan dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion. 

“Saya akan membuat blacklist mitra-mitra yang nakalan, karena saya tidak mau lagi BUMN jadi ajang koruptif, tentu capek benerinnya," ujar Erick dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5). 

Sebaliknya, Erick berencana memberikan penghargaan kepada mitra-mitra BUMN yang menjalin kerja sama baik. 

Mitra-mitra yang baik berarti telah melalui proses bisnis yang benar, memiliki keberpihakan terhadap tingkat komponen dalam negeri (TKDN), dan saling menguntungkan. 

Ia menawarkan mitra BUMN dan BUMN untuk duduk sejajar serta saling melayani di era kolaborasi. Upaya ini dilakukan supaya perusahaan pelat merah dapat bersaing di pasar global. 

"Sebelum menghukum, kita harus memberi reward," ujarnya. 

Ada tiga poin penting

Erick mengatakan ada tiga poin penting dalam memberikan penghargaan kepada mitra BUMN. Pertama, langkah ini akan memperbaiki hubungan kerja saling menguntungkan antara BUMN dan swasta guna mendorong perusahaan pelat merah menjadi perusahaan global.

Kedua, membangun keberpihakan terhadap produk dalam negeri melalui para mitra. "Karena ini sebuah market besar supaya kita bergerak ke industrial country.” kata Erick. 

Poin ketiga, transparansi dan profesionalitas. “Kita tidak mau ketika kita bermain global, kita konsolidasi TKDN, tapi ternyata punya mitra yang kurang baik," ujarnya. 

Menurut Erick Thohir, BUMN berkat kolaborasi dengan mitra berhasil membukukan laba bersih 2021 yang lebih baik ketimbang tahun sebelumnya—berdasarkan laporan keuangan unaudited. Ia menyebut torehan itu merupakan bukti transformasi BUMN.  

Mantan Presiden Inter Milan itu menyebut capaian tersebut merupakan sebuah bukti konkret transformasi BUMN melalui efisiensi dan perbaikan model bisnis. Tentu saja tidak dapat dilepaskan dari peran para mitra BUMN yang telah berkolaborasi secara baik, terlebih lagi pada situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Related Topics