NEWS

Begini Perbedaan Pertalite dan Pertamax yang Perlu Diketahui

RON 90 untuk Pertalite dan BBM RON 92 buat Pertamax.

Begini Perbedaan Pertalite dan Pertamax yang Perlu DiketahuiIlustrasi : petugas SPBU Pertamina sedang mengisi BBM. Dok. Pertamina
by
18 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Pertamina (Persero) memiliki dua jenis bahan bakar minyak (BBM) yang menjadi incaran konsumen, di antaranya adalah BBM dengan spesifikasi RON 90 yakni Pertalite, dan BBM RON 92 yaitu Pertamax.

Setiap pengendara perlu untuk mengetahui perbedaan Pertamax dan Pertalite untuk mencocokkan dengan kendaraan yang dimiliki. Hal ini untuk menghindari agar tidak salah dalam memilih bahan bakar untuk kendaraannya.

Sebetulnya, untuk mobil dan motor keluaran terbaru dengan mesin kapasitas tinggi sudah seharusnya menggunakan Pertamax karena memberikan performa yang lebih baik pada mesin dibandingkan dengan Pertalite.

Berikut ini beberapa perbedaan bensin Pertamax dan Pertalite yang perlu diketahui.

1. Nilai oktan

Anda dapat membedakan Pertalite dengan Pertamax melalui nilai oktannya. Dari segi oktan, Pertalite sendiri memiliki RON (Research Octane Number) 90 dan sedangkan Pertamax memiliki RON 92. 

Nilai oktan pada bahan bakar sendiri berfungsi untuk menunjukkan besar tekanan yang biasanya diberikan sebelum pembakaran bahan bakar secara spontan pada mesin. Semakin tinggi nilai oktan yang dimiliki bahan bakar, maka bahan bakar akan memiliki waktu lebih lama untuk terbakar.

Pada umumnya, setiap perusahaan yang memproduksi kendaraan akan mengeluarkan dan menetapkan nilai minimum RON untuk setiap kendaraan yang diproduksi. Kendaraan dengan kompresi tinggi akan lebih cocok menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

2. Warna cairan

Ilustrasi: Petugas SPBU sedang mengisikan Pertalite ke mobil konsumen. (Dok. Pertamina)

Related Topics