NEWS

Berdampak ke Inflasi, Jokowi Perintahkan Mendag Stabilkan Harga Beras

Harga beras berdampak besar terhadap kenaikan inflasi.

Berdampak ke Inflasi, Jokowi Perintahkan Mendag Stabilkan Harga BerasMendag Zulkifli Hasan (jaket biru) dan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi (pakai topi) saat konferensi pers di Pasar Induk Cipinang, Jakarta TImur, Senin (3/10). (FORTUNE Indonesia/Eko Wahyudi)
by
03 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan kenaikan harga beras sangat berdampak pada kenaikan angka inflasi di Indonesia.

Oleh karenanya, ia mengaku tiap hari kerap mendapatkan panggilan telepon dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk diingatkan agar dia tidak lengah terhadap kenaikan harga beras.

"Harga beras ini terhadap inflasi itu tinggi sekali, 3,33 persen. Jadi kalau harganya naik jangankan 100 perak, 10 rupiah saja itu pengaruhnya besar sekali," kata Zulkifli saat meninjau Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (3/10).

Zulkifli mengunjungi pasar tersebut bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirut Perum Bulog Budi Waseso dan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Zulkifli mengatakan semestinya harga beras pada Agustus hingga September 2022 telah mengalami penurunan, namun keadaaan di lapangan ternyata justru berbeda.

"Justru September ini harga beras naik. Tadi diskusi [dengan pedagang] apa penyebabnya: karena rebutan gabah sehingga itu meningkat cukup signifikan. Otomatis kalau gabah naik kan jadi beras naik," ujarnya.

Sebab harga beras naik

Selain itu, penyebab lain harga beras, Zulkifli menduga, adalah banyaknya pemain beras besar yang membangun pabrik penggilingan baru untuk memproduksi beras premium, yang nantinya dijual dengan harga di atas pasaran.

"Sekarang perusahaan-perusahaan besar bikin pabrik giling. Jadi, dia beli harga gabah mahal, diolah jadi premium,” katanya.

Demi menstabilkan harga beras di pasar, Zulkifli mengatakan akan mengoptimalkan operasi pasar di seluruh Tanah Air, terutama di tempat-tempat yang harga berasnya naik tinggi. Pemerintah pun akan memastikan stok beras aman dengan harga yang terjangkau.

 

Diduga distribusi terganggu

Beras di Posko Logistik PPKM Darurat, Gedung Wanita, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Pemerintah tak akan impor beras tahun ini.
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww

Related Topics