NEWS

Perbandingan Harga Minyak Goreng di Indonesia dengan Negara Lain

Pemerintah RI telah melepaskan harga minyak goreng ke pasar.

Perbandingan Harga Minyak Goreng di Indonesia dengan Negara LainPemerintah melepaskan harga minyak goreng kemasan ke mekanisme pasar . ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
by
21 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Beberapa bulan belakangan minyak goreng sempat menjadi komoditas langka. Selain harganya yang melambung, pasokannya sempat hilang di pasaran. Bagaimana perbandingan harga minyak goreng di Indonesia dengan negara lain?

Kondisi yang menerpa minyak goreng merupakan paradoks karena Indonesia dikenal sebagai negara penghasil minyak kelapa sawit mentah (CPO) terbesar dunia. Dan kini, sejak pemerintah resmi mencabut harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng pada Kamis, (17/3), harga minyak goreng justru jadi lebih mahal hampir dua kali lipat. Rata-rata minyak goreng kemasan di Indonesia sekarang berkisar Rp23 ribu hingga Rp26 ribu per liter.

Minyak goreng curah pun dikenai ET baru pada Rp14 ribu dibandingkan yang sebelumnya pada Rp11.500 per liter. Harga tersebut akan diberikan subsidi selisih harga dengan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Harga minyak goreng di Malaysia

Mengutip laman resmi Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna (KPDNHEP), harga minyak goreng bersubsidi di Malaysia hanya 2,5 Ringgit Malaysia (RM) per kilogram (kg) atau setara Rp8.500 per kg (kurs Rp3.400). Dalam hitungan seperti itu, maka 1 liter minyak goreng setara dengan 0,9 kg. Artinya jika dijual per liter pun harganya akan lebih murah lagi.

Di Malaysia minyak goreng bisa murah karena mendapat subsidi pemerintah lewat program cooking oil stabilization scheme (COSS).

Hanya saja, tak semua minyak yang dijual di Malaysia bersubsidi. Minyak goreng non-subsidi dijual dengan ukuran 2 kg dan 5 kg. Berdasarkan sejumlah sumber, harga minyak goreng nonsubsidi di Malaysia berkisar 27 RM sampai 29 RM ukuran 5 kg, tergantung daerah penjualannya. Pemerintahnya pun menjamin bahwa minyak goreng kemasan ukuran 5 kg harganya takkan melebihi 30 RM.

Harga minyak goreng di Singapura

Dibanding Indonesia, harga minyak goreng di Singapura jauh lebih mahal. Dikutip dari laman CEIC data, harga eceran rata-rata minyak goreng di Singapura pada Januari 2022 adalah SG$6,8 per 2 kg atau setara Rp35.975 per kg (kurs: Rp10.575).

Harga tersebut juga lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang dibanderol US$5,6 per 2 kg atau sekitar Rp 29.611 per kg.

Related Topics