NEWS

Jakarta ke Garut Bisa Naik Kereta Api, Ini Tarif dan Jadwal KA Cikuray

Reaktivasi Jalur KA CIbatu-Garut habiskan Rp352 miliar.

Jakarta ke Garut Bisa Naik Kereta Api, Ini Tarif dan Jadwal KA CikurayPenumpang antre untuk memasuki area peron di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/12). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

by Eko Wahyudi

25 March 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –  Jalur kereta api Cibatu-Garut kini kembali diaktifkan. Kamis (24/3) dilakukan peresmian jalur kereta api yang sudah tidak beroperasi selama hampir 40 tahun tersebut. Warga Garut dan sekitarnya bisa langsung naik kereta menuju ke Bandung dan Jakarta dengan KA Cikuray.

“Saking antusiasnya, beberapa warga Garut sampai ikut dalam uji coba jalur ini,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resmi, Kamis, (24/3). 

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut merupakan bagian dari rencana pengembangan jaringan dan layanan kereta api sebagaimana diatur dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional. Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian (DJKA) menugaskan PT KAI untuk melakukan penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum lintas Cibatu – Garut yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 50 Tahun 2020.

Berdasarkan data dari PT KAI, total nilai investasi reaktivasi ini sekitar Rp352 miliar, yang mencakup pembangunan kembali jalur sepanjang 19,06 kilometer dari Garut ke Cibatu, serta pembangunan tiga stasiun Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol. PT KAI akan mengoperasikan dua KA pada lintas layanan Garut-Cibatu ini yaitu KA Lokal PSO Garut Cibatuan dan KA Cikuray.

Harga tiket KA Cikuray dan KA Lokal lintas Cibatu-Garut

Kereta Api Istimewa melintasi jalur rel saat yang memasuki Stasiun Garut, Garut, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Harga tiket KA Cikuray menggunakan tarif Public Service Obligation (PSO) yaitu Rp45 ribu untuk Stasiun Pasar Senen hingga Stasiun Garut pp.  Adapun estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai 6 jam 28 menit.

Untuk rute Garut - Purwakarta pp yang hanya dijual secara langsung mulai 3 jam sebelum keberangkatan, dan dikenakan harga tiket Rp15 ribu.

Adapun, untuk harga tiket KA Garut Cibatu yang termasuk KA Lokal dikenakan tarif Rp6 ribu sampai dengan Rp14 ribu tergantung jarak perjalanan.

Jadwal KA Cikuray

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan reaktivasi jalur lintas Kereta Api Cibatu-Garut setelah sekitar 40 tahun tidak beroperasi. ANTARA FOTO/Novrian Arbi