NEWS

Jokowi Sentil Mendag yang Sibuk Kampanye: Saya Minta Fokus Bekerja

Presiden berharap harga migor berada pada kisaran Rp14 ribu.

Jokowi Sentil Mendag yang Sibuk Kampanye: Saya Minta Fokus BekerjaPresiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07). (BPMI Setpres/Muchlis Jr).

by Eko Wahyudi

12 July 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menterinya untuk fokus bekerja. Secara khusus dia menyinggung Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, yang videonya viral sedang mengampanyekan putrinya saat membagikan minyak goreng di Lampung.

Joko Widodo menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07).

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan, ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada pada kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

“Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek. Karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium,” ujar Jokowi.

Presiden menjelaskan dari sejumlah pasar yang ia kunjungi, harganya memang sudah berada di kisaran tersebut.

“Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu per satu akan kita selesaikan,” kata Jokowi.

Menteri lain juga harus fokus

Presiden juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa berfokus menangani dua hal tersebut. Menurutnya, saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

“Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” katanya.

Mendag Zulhas ikut bagikan minyak goreng di Lampung

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kanan) memperlihatkan minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantornya, Rabu (6/7). (Antara/Galih Pradipta)