NEWS

KEK Kura-kura Diperkirakan Bakal Datangkan Devisa Rp477 Triliun

Kawasan Kura-kura Bali dipersiapkan sebagai KEK pariwisata.

KEK Kura-kura Diperkirakan Bakal Datangkan Devisa Rp477 TriliunMenko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK dalam sesi doorstop dengan awak media. (Dok. Kemenko Perekonomian)
by
06 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Koodinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memproyeksikan Kawasan ekonomi khusus (KEK) Kura-Kura Bali dapat memberikan sumbangsih jangka panjang terhadap devisa negara karena nilainya secara kumulatif hingga 2052 ditaksir mencapai Rp477 triliun. 

Selain devisa tersebut, KEK dengan total investasi Rp104 triliun itu pun diharapkan mampu menyerap 99.853 tenaga kerja.  

Berlokasi di Pulau Serangan, Kota Denpasar, Kawasan Kura-kura Bali yang memiliki luas 498 hektare dipersiapkan sebagai KEK pariwisata dengan dilengkapi area wisata marina, resor, wisata kebugaran (wellness), dan pendidikan.

Pemerintah mencanangkan rencana investasi jangka pendek untuk 5 tahun ke depan dengan anggaran hingga Rp12 triliun. 

Bali punya dua KEK Pariwisata

Airlangga dalam keterangannya (5/2) menyatakan harapannya agar KEK Kura-Kura Bali yang belum lama ini diresmikan dapat melengkapi keberadaan KEK Sanur, serta membuat perekonomian Bali menjadi lebih kuat.  

Pada 2020, kinerja perekonomian Bali tercatat minus 9,31 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya. Pelambatan perekonomian Bali terulang pada 2021 meskipun membaik menjadi minus 2,47 persen. Pada 2022, pertumbuhan ekonominya kembali ke level positif.

“Tentu kawasan ekonomi ini diharapkan melengkapi kawasan ekonomi kesehatan yang ada di Sanur. Oleh karena itu, Bali salah satu provinsi yang dapat dua KEK, dan dua-duanya menunjang industri pariwisata,” kata Airlangga. 

Dewan Nasional KEK telah resmi menetapkan Kura-Kura Bali menjadi KEK, namun peresmiannya masih menunggu kehadiran Peraturan Pemerintah (PP). KEK tersebut menambah jumlah KEK di Indonesia saat ini menjadi 20 titik: 10 KEK Industri dan 10 KEK Pariwisata.

Dorong penciptaan lapangan kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin, sebelumnya telah mengajukan Kura-kura Bali menjadi KEK Pariwisata dengan penghuni sekitar 50.000 orang. Pembentukan KEK tersebut juga diharapkan turut menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Pertumbuhan ekonomi Bali, katanya, membutuhkan investasi dan terobosan-terobosan yang mengacu pada tiga pilar: keberlanjutan, edukasi, dan wellness atau kesehatan. Berdasarkan laporan Dewan Nasional KEK, realisasi investasi di wilayah KEK pada 2022 mencapai Rp113,2 triliun dari nilai komitmen Rp214 triliun.

Perkembangan KEK dapat meningkatkan realisasi investasi 2023 mencapai Rp61,9 triliun.

Related Topics