NEWS

Menteri Sandiaga Sebut Pariwisata Sedang Proses Pemulihan Sampai 2023

Langkah pemulihan pariwisata sedang dilakukan Kemenparekraf.

Menteri Sandiaga Sebut Pariwisata Sedang Proses Pemulihan Sampai 2023Menparekraf, Sandiaga S. Uno. (dok. Kemenparekraf)
by
11 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pada masa pandemi Covid-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tertenan amat parah. 

Dengan mulai meredanya virus corona dan kebijakan yang lebih longgar, pariwisata Indonesia telah mengalami pemulihan. “Untuk tahun ini dan 2023 pada proses pemulihan, dan pada 2024 higga lima tahun mendatang kita fokus pada pertumbuhan dan akselerasi,” katanya dalam acara Green Economy Indonesia Summit 2022 secara virtual, Rabu (11/5).

Untuk melakukan langkah pemulihan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan berbagai strategi. Pertama adalah melakukan peningkatan SDM, dengan reskilling, sertifikasi kompetensi, dan pendampingan wirausaha. Langkah kedua, revitalisasi destinasi pariwisata dan peningkatan infrastruktur.

Ia pun memastikan destinasi wisata Indonesia ke depan akan mengacu pada keberlanjutan lingkungan. 

Ekonomi kreatif Indonesia peringkat tiga

Dalam taraf pemulihan ekonomi kreatif global, Sandi menyebut, sektor ini menjadi pandemic winner. Sebab, Indonesia saat ini telah menduduki peringkat tiga dalam pemulihan ekonomi kreatif setelah Amerika Serikat, dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-Pop.

“Indonesia sekarang pada posisi ketiga besar dunia dengan nilai tambah yang sudah mencapai Rp1.200 triliun lebih dan juga nilai ekspor yang sudah US$20 miliar, jauh di atas target. Jumlah tenaga kerja yang sekarang sudah kembali di angka 20 juta tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif,” ujarnya.

Apresiasi PBB

Selain itu, Sandiaga mengatakan PBB baru-baru ini memberikan apresiasi kepada Indonesia atas penanganan pandemi covid-19 dan kebangkitan pariwisata. "Saya baru-baru ini memberikan keynote speech dalam sidang umum PBB dan mereka mengapresiasi Indonesia karena keberhasilan penanganan pandemi dan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif kita," ujarnya.

Dalam sidang umum PBB tersebut, Sandi menjabarkan beberapa produk berkelanjutan yang dihadirkan oleh Kemenparekraf untuk memulihkan perekonomian dan mendukung ekonomi hijau.

Menurut Sandi, kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif dalam ketahanan lingkungan merupakan langkah konkret, seperti di Bali pihaknya mencanangkan di 2030 kendaraan listrik akan digunakan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
"Jadi harus kita tunjukkan langkah konkret nyata. Wisatawan yang datang ke destinasi wisata harus minta untuk pakai kendaraan berbasis listrik agar bukan hanya bicara manis dalam tatanan konsep, tapi langsung ambil peran sentral sebagai agent of change," katanya.
 

Related Topics