NEWS

Persiapan Mencapai 50 Persen, Tol Nirsentuh Akan Uji Coba Juni 2023

Uji coba pertama dilakukan di Ruas Tol Bali Mandara.

Persiapan Mencapai 50 Persen, Tol Nirsentuh Akan Uji Coba Juni 2023Lokasi uji coba tol nirsentuh di Jalan Tol Bali Mandara pada Juni 2023. (Dok. PUPR)
by
21 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pekerjaan sistem transaksi tol nontunai dengan pembayaran nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) menjelang uji coba pada Juni 2023.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, mengatakan persiapan penerapan transaksi sistem MLFF telah mencapai 50 persen. Uji coba pertama akan dilakukan di ruas Bali–Mandara pada Juni mendatang.

"Begitu uji coba selesai, nanti kita laporkan ke Pak Menteri [PUPR]. Nanti beliau memutuskan untuk implementasi pertama secara komersial," kata Danang dalam keterangan pers, Selasa (21/3).

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang transaksinya dijalankan melalui aplikasi Cantas—diintegrasikan dengan data ERI (Electronic Registration and Identification) atau data kepemilikan kendaraan yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

Di antara manfaat sistem MLFF ini adalah efisiensi biaya operasi, dan minimalisasi bahan bakar kendaraan.

"Pada tahap ultimate tidak ada gate, tetapi Pak Menteri mengingatkan untuk kita pastikan semua pendapatan bisa diterima atau kira-kira tidak ada yang lolos. Pak Menteri menyarankan kita mulai dengan pasang gate dulu, kita lihat transaksi 4-7 detik kalau pakai gate, tetapi kalau tidak pakai gate nol detik," kata Danang.

Perlu dilakukan persiapan sebelum uji coba

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, mengatakan bahwa bersamaan dengan rencana uji coba sistem MLFF nanti, dukungan bagi penerapan sistem transaksi tol nirsentuh perlu disiapkan dengan baik.

"Karena akan kita mulai uji coba bulan Juni nanti, kita tidak ingin memberikan gambaran sistem yang tidak sempurna bagi para pengguna. Oleh karena itu, kepada PT Roatex sebaiknya segera mengambil langkah yang cepat untuk memastikan bahwa aplikasi ini sudah disimulasikan dan dapat diuji coba dengan cara yang baik," kata Zainal.

Dia berharap penggunaan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau MLFF dalam transaksi tol akan menghilangkan antrean kendaraan seperti yang masih ditemukan dalam sistem transaksi e-toll saat ini.

Pada periode 2015-2022, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.809 kilometer, termasuk tersambungnya Tol Trans Jawa dan dimulainya Tol Trans Sumatera.

Panjang jalan tol beroperasi pada 2024 ditargetkan menjadi 3.488 kilometer.

Cara kerja tol nirsentuh

Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sistem MLFF akan mempermudah pengawasan lalu lintas karena terjadi secara real-time.

Saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan, para pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan data pribadinya pada aplikasi Cantas. Setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna akan berkurang secara otomatis.

Perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF berupa Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU. Setiap pengguna tol yang masuk harus mengaktifkan E-OBU.

Setelah E-OBU aktif, GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan satelit. Kemudian, proses pencocokan peta akan terjadi di pusat sistem.

Pengguna wajib memastikan saldo tersedia di aplikasi sebelum memasuki gerbang tol. Jika saldo tidak cukup ketika melewati gerbang tol, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi.

Related Topics