NEWS

Putin Batasi Visa Bagi Negara yang Tidak Bersahabat dengan Rusia

Ini balasan Rusia atas sanksi yang dijatuhkan negara barat.

Putin Batasi Visa Bagi Negara yang Tidak Bersahabat dengan RusiaSeekor anjing berkemih ke dinding dengan grafiti bergambar Presiden Rusia Vladimir Putin. ANTARA FOTO/REUTERS/Antonio Bronic
by
05 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit pada Senin (4/4) yang menerapkan pembatasan visa bagi warga yang berasal dari negara-negara yang dianggap tidak bersahabat dengan Rusia. Hal itu merupakan tanggapan atas sanksi terkait invasi negaranya ke Ukraina.

Melansir Reuters, keputusan tersebut mulai berlaku pada Senin (4/4). Dekrit tersebut juga memerintahkan Kementerian Luar Negeri Rusia dan badan-badan lain untuk memberlakukan pembatasan masuk pribadi pada "warga negara asing dan orang-orang tanpa kewarganegaraan yang melakukan tindakan tidak bersahabat terhadap Rusia".

Indonesia tidak masuk

Aksi seruan damai di depan Kedutaan Besar Federasi Rusia, Jakarta, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Indonesia tak masuk dalam daftar negara tak bersahabat menurut Rusia. Dalam daftar tersebut mencakup Amerika Serikat, Kanada, semua negara yang masuk Uni Eropa, Inggris, Ukraina, Montenegro, Swiss, Albania, Andorra, Islandia, Liechtenstein, Monako, Norwegia, San Marino, dan Makedonia Utara. 

Ada pula Liechtenstein, Monako, Norwegia, Jepang, Korea Selatan, Australia, Mikronesia, Selandia Baru, Singapura, dan Taiwan.

Rentetan sanksi baru mengancam Rusia

Jasad lima pria dibaringkan, ditengah serbuan Rusia atas Ukraina, di kota Bucha, luar Kyiv, Ukraina, Senin (4/4/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Related Topics