NEWS

Simak Syarat dan Cara Daftar Beasiswa LPDP Secara Online 2023

LPDP memberikan beasiswa untuk S2 dan S3.

Simak Syarat dan Cara Daftar Beasiswa LPDP Secara Online 2023Ilustrasi: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). (Dok. LPDP)
by
31 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Biaya pendidikan tergolong faktor penting yang menentukan seseorang dapat kuliah sampai ke jenjang pendidikan paling tinggi atau tidak.

Banyak orang cerdas ingin meneruskan kuliah sampai ke jenjang pendidikan tertinggi, namun terkendala biaya yang dirasakan begitu besar, apalagi jika lembaga pendidikannya di luar negeri.

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan solusi untuk membantu para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

LPDP membuka pendaftaran beasiswa tahap 1 per 25 Januari 2023. Pendaftaran akan dibuka hingga sebulan ke depan, yakni 25 Februari 2023.

Seleksi administrasi akan dimulai sejak 27 Februari dan pengumuman seleksi akan disampaikan pada 14 Maret. Selanjutnya, calon peserta masih harus mengikuti sejumlah seleksi lain hingga pengumuman hasil seleksi substansi (final) yang dilakukan pada 8 Juni 2023.

Kemudian, LPDP akan membuka kembali pendaftaran tahap II pada 9 Juni hingga 9 Juli 2023. Kemudian ditutup pada 7 November 2023 dengan pengumuman hasil seleksi substansi.

Syarat daftar beasiswa LPDP

LPDP berencana untuk melakukan proses seleksi secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan LPDP dan akan diinformasikan kemudian.

Sehingga, pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya seleksi akan dilakukan secara luring atau hybrid.

Berikut ini, delapan syarat umum yang harus dipenuhi:

- Pendaftar telah lulus dari program D4/S1 atau S2 perguruan tinggi terakreditasi.
- Pendaftar tidak sedang menempuh studi degree/non-degree baik S2 maupun S3.
- Pendaftar tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain.
- Bagi pendaftar lulusan luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK.
- Pendaftar wajib mengisi profil pendaftaran dengan lengkap.
- Pendaftar wajib menandatangani surat pernyataan.
- Pendaftar menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pascastudi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan studi.
- Pendaftar program S3 diwajibkan memiliki proposal penelitian.

Cara daftar beasiswa LPDP secara online

LPDP membuka kanal pendaftaran secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Peserta wajib melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

Peserta juga harus memastikan untuk menyerahkan aplikasi pendaftaran demi mendapat kode registrasi/pendaftaran.

Tata cara pendaftaran akun LPDP 2023:

  1. Buka laman pendaftaran pada tautan: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Klik pada bagian Beasiswa LPDP
  3. Kemudian, klik Belum punya akun? Buat akun di sini bagi pendaftar yang belum memiliki akun
  4. Selanjutnya akan muncul informasi, kemudian klik OK
  5. Isi formulir yang telah disediakan dengan informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan Anda
  6. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, silahkan klik 'buat akun'. Satu orang pendaftar tidak boleh memiliki lebih dari 1 (satu) akun, karena adanya verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga NIK hanya dapat digunakan pada satu akun.

Verifikasi akun LPDP 2023:

  1. Sistem akan memunculkan pesan berhasil dan mengirimkan tautan verifikasi pada email pendaftar sesuai dengan email yang didaftarkan. Catatan: Pendaftar dapat mengecek folder Spam jika email verifikasi tidak masuk dalam Inbox
  2. Klik pada tulisan 'Verifikasi Akun' yang disertakan di dalam email di atas, maka akun Anda telah terverifikasi
  3. Selanjutnya, Anda dapat masuk ke dalam sistem menggunakan Email dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya. Klik Login untuk masuk.

Update informasi data diri dan keluarga:

  1. Setelah login, Anda dapat melihat, mengubah, ataupun melengkapi informasi terkait identitas diri dan identitas keluarga. Pastikan data profil Anda diisi dengan lengkap dan benar.
  2. Setelah melengkapi data diri, silahkan klik OK
  3. Kemudian Anda diharuskan melakukan verifikasi nomor WhatsApp pada bagian Nomor Handphone klik tombol 'Verifikasi Nomor WhatsApp'.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman Verifikasi Nomor handphone. Verifikasi dilakukan dengan mekanisme mengirim kode OTP ke nomor ponsel yang sudah didaftarkan pada saat pengisian data diri. Untuk mendapatkan kode OTP klik KIRIM OTP.
  5. Anda dapat melakukan pengecekan pada aplikasi WhatsApp secara berkala
  6. Kemudian isi Kode OTP sesuai dengan yang tertera pada WhatsApp. Jika kode OTP salah, maka akan muncul peringatan Kode OTP yang Anda masukan tidak benar. Mohon untuk mencoba kembali. Dan tombol VALIDASI tidak bisa diklik.
  7. Jika kode OTP benar, maka tombol VALIDASI dapat diklik. Kemudian klik VALIDASI
  8. Dan sistem akan mengarahkan ke Profil Anda, serta menampilkan peringatan Sukses melakukan verifikasi nomor handphone

Related Topics